Penerimaan CPNS 2018, Sekdaprov Imbau Jangan Percaya Oknum yang Janjikan Kelulusan
Oleh : Ismail
Sabtu | 06-10-2018 | 15:16 WIB
sekda-arif18.jpg
Sekda Kepri TS Arif Fadillah. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepulauan Riau, TS Arif Fadillah menegaskan, tahapan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 ini akan berlangsung secara murni tanpa ada 'titipan-titipan'.

"Kita pastikan hal itu tidak akan ada. Karena, ini langsung dilaksanakan oleh BKN (Badan Kepegawaian Negara)," tegasnya, Sabtu (6/10/2018).

Ia mengungkapkan, sistem penerimaan CPNS saat ini sudah cukup ketat. Dimana, sudah menerapkan sistem Computer Asist Tes (CAT) yang kunci jawabannya langsung ke pusat. Bahkan, tahapan administrasinya juga sudah berbasis online.

Dengan begitu, semua pelamar memiliki kesempatan yang sama untuk mendaftarkan diri dalam penerimaan CPNS.

"Jadi tidak ada yang khusus. Semuanya sama karena ini jalur umum," katanya.

Kendati demikian, Arif mengimbau kepada masyarakat dan calon pelamar CPNS untuk tidak memercayai isu-isu yang menyebutkan bahwa penerimaan CPNS tahun ini masih ada kecurangan.

Selain itu, lanjut Sekda, masyarakat jangan memercayai oknum-oknum yang mengambil kesempatan menawarkan kelulusan CPNS dengan cara membayarkan sejumlah uang.

"Jangan percaya kalau ada yang menawarkan lulus CPNS dengan meminta uang. Karena, sudah tidak ada lagi yang begitu-begitu. Kalau mau lulus silahkan ikuti sesuai dengan prosedur dan jalani tes," imbuh Arif.

Sebagaimana diketahui, kuota penerimaan CPNS untuk Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau sebanyak 192 formasi. Jumlah tersebut terdiri dari 100 tenaga guru, 62 tenaga kesehatan, dan 30 formasi tenaga teknis.

Keputusan jumlah kuota CPNS berdasarkan SK Menpan Nomer 624 Tahun 2018. Bahkan, tahapan pendaftaran CPNS untuk wilayah Kepri sudah dibuka sejak 26 Setember lalu dan berakhir 15 Oktober mendatang.

Editor: Yudha