Disiplin Pegawai Kerap Disorot Masyarakat, Isdianto Sidak Sejumlah Kantor OPD
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 05-09-2018 | 15:04 WIB
wagub-sidak1.jpg
Wagub Isdianto sidak kantor OPD di Dompak. (Foto: Charles)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Tindak lanjuti masalah kedisiplinan pegawai di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepri yang selalu mendapatkan penilaian negatif dari masyarakat, Wakil Gubernur Kepri Isdianto melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Dompak, Tanjungpinang, Rabu (5/9/218).

Didampingi ajudannya serta Kabag penindakan disiplin pada Badan Kepegawaian, Isdianto mengawali sidaknya ke kantor Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, Kemudian dilanjutkan ke Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (DESDM), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan terakhir ke kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU).

Dalam kesempatan itu, Isdianto meminta kepada bagian TU masing-masing OPD agar melaporkan pejabat eselon III dan IV yang tidak hadir tanpa adanya keterangan. Kemudian dia juga meminta kepada seluruh pejabat eselon di masing-masing OPD agar selalu hadir dan mengikuti apel gabungan setiap Senin pagi.

"Hanya seminggu sekali, saya yakin tidak memberatkanlah. Saya minta dengan sangat dan ini agar diperhatikan oleh semuanya. Karena kita tidak mau masalah kedisiplinan ini selalu menjadi perhatian miring di tengah masyarakat," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Isidanto juga wajibkan setiap pejabat eselon III dan IV beserta staf masing-masing OPD agar setiap senin mengikuti Apel pagi

"Karena staf-staf itu berada dibawah pengawasan eselon III dan IV," kata Isdianto pada kepala OPD atau kepala TU yang dia temui.

Isdianto juga mengaku sudah mengetahuinya jika selama ini banyak pegawai yang hanya hadir finger, lalu tidak mengikuti apel pagi, atau bahkan langsung pulang. oleh sebab itu, mindset seperti ini agar diubah dan agar lebih disiplin serta lebih memiliki tanggungjawab terhadap pekerjaan serta masyarkat.

"Saya selalu mendapatkan informasi, banyak yang hanya hadir ke kantor hanya untuk finger saja lalu entah kemana. Dan saya minta, sempena dengan hari jadi Kepri yang ke-16 ini. Kita semua menginstropeksi diri. Kita harus lebih disiplin," tegasnya.

Lebih konkrit, dalam sidaknya ini Wakil Gubernur meminta kepada Kabag Penindakan Disiplin Badan Kepegawaian Daerah Kepri untuk segera membuat surat edarat apel setiap Senin bagi pejabat eselon III dan IV.

"Saya mau suratnya selesai hari ini juga, kemudian segera dierdarkan. Senin nanti saya akan ambil apel lagi," tegas Isdianto.

Dari sekitar 759 pejabat eselon III dan IV yang ada di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepri, Wakil Gubernur mengingatkan jika semuanya akan menjalani evaluasi, dan penilaian dilakukan sambil berjalan, Adapun yang menjadi penilaiannya adalah diawali dari masalah disiplin.

"Ini tidak main-main, semua yang sudah memegang eselon akan dievaluasi. Jadi kalau sekarag sudah menjabat, lalu nanti diambil lagi jabatannya, maka jangan menyalahkan orang lain. Mulailah instropeksi dari sekarang," katanya.

Editor: Yudha