Nurdin Perintahkan OPD Kepri Percepat Progress Kegitan pada APBD 2018
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 03-09-2018 | 18:16 WIB
rapat-kegiatan-2018.jpg
Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun saat memimpin rapat OPD di Rupatama Kantor Gubernur, Istana Kota Piring, Pulau Dompak, Tanjungpinang, Senin (3/9/2018). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Provinsi Kepri, H Nurdin Basirun kembali mengingatakan seluruh OPD untuk mempercepat progress pelaksanaan kegitan APBD 2018 serta mengambil langka kongkrit dan tepat, dalam pembahasan dan pengesahan APBD Perubahan 2018.

"Pengunaan anggaran harus dapat terserap dengan baik dan lancar, karna hal itu semua bermuara pada kepentingan dan kesejahteraan masyarakat. Aatas hal itu, perlu dengan segera diambil langkah yang tepat dan konkret agar pencapaian tujuan pelaksanaan program kegitan dapat terlaksana dengan baik," kata Nurdin saat memimpin rapat OPD di Rupatama Kantor Gubernur, Istana Kota Piring, Pulau Dompak, Tanjungpinang, Senin (3/9/2018).

Nurdin melanjutkan, terkait agenda penyelesaian APBD-P 2018 dan penyusunan APBD 2019 diharapkan tidak meleset dari waktu yang telah ditetapkan. "Jangan sampai kita terlambat, agar tidak keteteran di akhir tahun nanti lebih cepat lebih baik," lanjut Nurdin.

Kemudian terkait perayaan Hari Jadi Kepri ke-16 akhir bulan ini, Nurdin mempersilahkan kepada Tim Panitia untuk berinovasi.

"Silahkan berinovasi berikan kemeriahan pada perayaan Hari Jadi Kepri untuk masyarakat," tambah Nurdin lagi.

Sementara itu, Wakil Gubernur Isdianto mengimbau, agar semua OPD tidak mengendurkan semangat dalam pencapaian pelaksanaan kegiatan APBD.

"Perlu semangat tinggi dalam menyelesaikan kegiatan apa lagi sudah memasuki akhir tahun," ujar Isdianto.

Megenai Hari Jadi ke-16 Provinsi Kepri, Isdianto menambahkan, sependapat dengan Gubernur, agar pelaksanaannya dibuat denga meriah. "Kita berikan suguhan yang meriah dan menarik untuk masyarakat," lanjut Isdianto.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah H TS Arif Fadillah mengatakan, pemerintah terus mengupayakan stabilitas neraca keuangan daerah dalam pelaksanaan sejumlah kegiatan. Arif juga mengaku optimis, penyelesaian pembahasan dan pengesahan APBD-P 2018 dan KUA PPAS ABPD 2019 dapat selesai tepat waktu pada September 2018 ini.

"Kita harus bergerak cepat dan sesuai aturan," kata Arif.

Arif melanjutkan, pelaksanaan kegiatan dalam rangka Hari Jadi Kepri ke-16 tahun 2018 sengaja disatukan dengan beragam kegiatan seperti Festival Bahari Kepri (FBK) dan Tour De Kepri.

"Sudah kita susun secara bertahap dan kebetulan waktunya berdekatan kita satukan agar lebih efisien dan lebih meriah," lanjut Arif.

Dalam paparannya, Kepala Biro Administrasi Pembangunan, Aries Fahriandi mengatakan, menjelang akhir tahun ini serapan anggaran terus berjalan. "Target kita adalah agar proyek yang telah di rencanakan dapat selesai sesuai waktu yang telah ditentukan," kata Aries.

Aries melanjutkan, sempena perayaan Hari Jadi ke-16 Provinsi Kepri nantinya, selain diadakan sejumlah agenda rutin dan tambahan lainnya, Pemprov Kepri juga akan meresmikan beberapa proyek strategis.

"Salah satunya groundbreaking pembangunan penataan kawasan Gurindam 12 Tanjungpinang," lanjut Aries.

Sementara itu, Kepala Biro Adminstrai Layanan Pengadaan, Misbardi juga mengatakan, hingga September 2018 dari 413 jumlah paket pengadaan kegiatan di lingkungan Provinsi Kepri yang masuk dalam sistem ULP, 297 paket sudah diumumkan dan dilelang, sebanyak 263 paket kegitan di ataranya juga ditentukan pemenang dan dikerjakan.

Editor: Gokli