Investasi Rp200 Miliar, PT MBKI Bangun Pabrik Rokok di Kawasan FTZ Dompak
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 09-08-2018 | 16:40 WIB
pt-mbki1.jpg
Peletakan batu pertama pembangunan pabrik rokok PT Megatama Batu Karang Indonesia (MBKI). (Foto: Charles)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - PT Megatama Batu Karang Indonesia (MBKI) memulai pembangunan Pabrik Rokok di kawasan FTZ Dompak Tanjungpinang. Nilai investasinya mencapai Rp200 miliar.

Peletakan batu pertama pembangunan pabrik rokok ini langsung dilakukan Gubenur provinsi Kepri, Nurdin Basirun, Direktur PT MBKI Sunadi, Sekretaris DK-FTZ Kepri Syamsul Bahrum, dan Kepala BPK-FTZ Bintan Wilayah Tanjungpinang, Den Yelta, Kamis(9/8/2018).

Kepala BP Wilayah Kota Tanjungpinang Den Yealta mrngatakan, pembangunan pabrik rokok oleh investor dalam negeri di Kawasan FTZ Bintan merupakan tindak lanjut komitmen PT MBKI untuk berinvestasi.

Dengan luas lahan 16 hektar, sesuai dengan program investasinya akan melaksanakan pembangunan pabrik rokok di kawasan FTZ Dompak, dan produksi Rokok dari perusahaan di FTZ ini, akan dieksport ke luar negeri seperti Malaysia, Singapura, serta negara lainnya.

"Dengan terlaksananya investasi ini kami harapakan akan berdampak pada peningkatan ekonomi serta membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat," ujarnya.

BPK-FTZ tambah Denyelta, akan terus berkomitmen dan memberi pelayanan terbaik dalam bidang investasi bagai investor di kawasan BPK FTZ, dalam menumbuhkan investasi yang sebesar-besarnya di Tanjungpinang.

Ia mengungkapkan, selain pabrik rokok PT MBKI juga telah ada perusahan garam dan pabrikasi pesawat apung yang akan masuk dan menanamkan investasinya di kawasan FTZ Dompak serta investasi pembangunan infrastruktur parewisata di Kawasan Senggarang Kota Tanjungpinang.

"Ke depan para pengusaha lainnya juga akan masuk, saat ini sudah mulai penjajakan untuk kawasan Dompak," katanya.

Pada kesempatan itu, Denyelta juga meminta pada Pemprov dan Pemko Tanjungpinang agar terus mendukung dan meningkatkan koordinasi dalam pelaksanaan pembangunan investasi di daerah.

Sementara itu, Dirut PT MBKI Sunadi mengatakan, penanaman investasi ini merupakan komitmen perusahaan dengan pemerintah atas MoU yang disepakati sebelumnya.

"Dengan peletakan baru pertama pembangunan Pabri ini, tahap awal kami akan laksanakan pembangunan sarana dengan target 3 tahun ke depan pelaksanaan pembangunan sudah siap dan segera dapat berproduksi," ujarnya.

Dengan pembangunan pabrik rokok itu, Sunadi menyatakan akan menampung 250 sampai 300 tenaga kerja.

"Harapan kami, pemerintah dan BP FTZ serta masyarakat sekitar dapat mendukung pelaksanaan pembangunan pabrik ini, hingga dapat menampung tenaga kerja di pabrik rokok ini," ujarnya.

Pada peletakan batu pertama pembangunan Pabrik, PT MBKI juga memberikan santunan kepada sejumlah anak yatim dari panti asuhan Bina Insani Bintan, yang diserahkan Gubernur Kepri.

Tampak hadir Wakapolda Kepri Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah, Asisten II Syamsul Bahrum, Sekda Kota Tanjungpinang Riono, Perwakilan FKPD, Pengusaha beserta tamu undangan lainnya.

Editor: Yudha