Danlantamal IV Tegaskan Penerimaan Prajurit TNI AL tidak Dipungut Biaya
Oleh : Roland Aritonang
Sabtu | 04-08-2018 | 09:40 WIB
pengarahan-informasi.jpg
Aspers Lantamal IV Tanjungpinang Kolonel Laut (KH) Dede Komarudin saat menyampaikan informasi dan pengarahan terkain penerimaan calon prajurit TNI AL di Mako Lantamal IV. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sebanyak 471 orang calon prajurit TNI AL diberikan pengarahan serta menyampaian informasi kepada orangtua para calon di Gedung Olah Raga (GOR) Dwikora Mako Lantamal IV, Jalan Yos Sudarso nomor 1 Batu Hitam, Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Jumat (3/8/2018).

Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno melalui Asisten Personel (Aspers) Lantamal IV Tanjungpinang Kolonel Laut (KH) Dede Komarudin mengatakan, menjelang pelaksanaan tes penerimaan prajurit TNI AL, pihaknya memberikan pengarahan serta menyampaian informasi kepada orangtua ke-471 orang calon prajurit TNI AL.

"Ada 471 orang calon prajurit TNI AL yang akan mengikuti seleksi di panitia daerah Tanjungpinang," ujar Dede, mengutip siaran pers Dispen Lantamal IV Tanjungpinang.

Dede menyampaikan, baik kepada para calon maupun orangtua calon agar mewaspadai oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab mengatasnamakan TNI AL yang ingin memanfaatkan kegiatan seleksi untuk mencari keuntungan pribadi agar diabaikan.

Seluruh informasi terkait pelaksanaan tes semuanya disampaikan oleh panitia, hal ini untuk mencegah terjadinya praktek menggunakan uang.

"Untuk itu diharapkan kerjasamanya, baik kepada para calon maupun orangtua apabila ada yang menawarkan atau menjanjikan bisa diterima menjadi prajurit TNI AL dengan meminta imbalan uang agar melaporkan kepada panitia untuk diproses lanjut," tegas Dede.

Dede menyampaikan, undangan tatap muka ini juga dilaksanakan sebagai bentuk keseriusan Lantamal IV dalam mengadakan seleksi prajurit TNI AL di wilayah Tanjungpinang untuk berkomitmen bersama sekaligus sebagai pakta integritas bahwa dalam pelaksanan tes para calon tidak dipungut biaya apapun atau geratis.

"Kami panitia penerimaan menyampaikan teknis pelaksanaan tes di antaranya kesehatan, mental idiologi, kesempataan jasmani, psikotes sampai dengan pantukhir, serta persiapan yang harus dilaksanakan para calon dalam pelaksanaan seleksi," jelasnya.

Tatap muka yang dihadiri panitai di antaranya Kadisminpers Lantamal IV, Paban Pers Spers Lantamal IV, Paban Ren Sintel Lantamal IV, dan Perwakilan Pamen dari Diskes Lantamal IV diakhiri dengan sesi tanya jawab antara Aspers Danlantamal IV dengan para orangtua para calon.

Editor: Gokli