Sah Jadi Pemain Timnas Indonesia, Maarten Paes Siap Dimainkan di Kualifikasi Piala Dunia 2026
Oleh : Redaksi
Minggu | 18-08-2024 | 16:04 WIB
maarten_paes.jpg
Pemain naturalisasi Timnas Indonesia Maarten Paes yang merumput di FC Dallas, Amerika Serikat (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta- Setelah proses panjang, kiper Maarten Paes akhirnya kini sah membela Timnas Indonesia. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Umumm (Ketum) PSSI, Erick Thohir.

"Kabar baik bagi persepakbolaan Indonesia. PSSI pada hari ini menginformasikan bahwa setelah melalui proses yang cukup lama dan ekstensif, Maarten Paes akhirnya telah berhasil didaftarkan dan sekarang secara sah dapat bermain mewakili tim nasional Indonesia," tulis Erick Thohir di media sosial pribadinya.

"Dengan rasa cinta dan bangga terhadap Indonesia serta cita-citanya untuk memberikan dampak positif terhadap sepak bola Indonesia, kami yakin bahwa bergabungnya Maarten akan memperkuat tim nasional, terutama dalam menghadapi putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia," sambungnya.

Ketum PSSI Erick Thohir percaya kehadiran kiper FC Dallas itu bisa membantu meningkatkan level sepakbola Indonesia.

"Kami percaya bahwa Marteen Paes akan membawa dampak positif bagi tim dan membantu Indonesia meraih prestasi yang lebih baik," katanya.

"Keputusan ini menunjukkan komitmen PSSI dalam mencari bakat-bakat terbaik untuk membangun masa depan sepak bola Indonesia," ujarnya menambahkan.

Sebagaimana diumumkan PSSI, perjuangan federasi buat Maarten Paes berujung manis. Setelah sempat terganjal aturan FIFA, Paes akhirnya disahkan bisa membela Garuda.

Paes memiliki latar belakang sebagai pemain muda berbakat, menunjukkan potensi luar biasa dalam karirnya. Diharapkan Paes dapat memberikan kontribusi positif bagi tim nasional dalam berbagai ajang mendatang.

Agenda terdekat Timnas Indonesia adalah Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026. Indonesia dijadwalkan dijamu Arab Saudi pada 5 September, lalu menjamu Australia pada 10 September.

Kehadiran Maarten Paes sekaligus membuat persaingan di posisi kiper menjadi ketat. Ernando Ari kini harus bekerja lebih keras agar tidak kehilangan tempatnya di pos utama kiper Garuda.

Untuk diketahui, Maarten Paes sebenarnya sudah disumpah jadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada 30 April kemarin. Akan tetapi, pemain berusia 26 tahun itu belum bisa membela Timnas Indonesia.

Sebabnya, Paes pernah pernah membela Timnas Belanda kategori kelompok usia kala sudah menginjak 22 tahun. Sementara FIFA punya aturan, bahwa pemain tidak bisa memperkuat negara lain di usia lebih dari 21 tahun saat ingin pindah asosiasi.

Paes sendiri pernah menjadi bagian tim Belanda kelompok usia. Mulai dari Belanda U-19, U-20, dan U-21, adalah tim-tim yang pernah diperkuatnya dalam rentang waktu 2016 - 2020

PSSI selanjutnya ambil langkah dengan memperjuangkan Maarten Paes di Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS). Sidangnya digelar pada 15 Agustus kemarin.

Akhirnya, seperti diumumkan Erick Thohir, Paes kini bisa memperkuat Timnas Indonesia. Diyakini, kiper FC Dallas itu bisa bermain di ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang akan dimulai September nanti!

Edutor: Surya