Tim Saber Pungli Tanjungpinang Awasi PPDB
Oleh : Roland Aritonang
Jumat | 06-07-2018 | 14:41 WIB
saber-pungli-tpi.jpg
Ketua Saber Pungli Tanjungpinang, Kompol I Gede Ngurah Joni Mahardika. (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kota Tanjungpinang sedang malakukan pengawasan terhadap penerimaan perserta didik baru (PPDB).

Ketua Saber Pungli Tanjungpinang, Kompol I Gede Ngurah Joni Mahardika mengatakan tim Saber pungli Kota Tanjungpinang berbagai kegiatan pasti akan fokus dan gencar dalamn kegiatan pencegahan dan serta penindakan. Apalagi pada masa-masa saat ini adalah masa-masa penerimaan perserta didik baru (PPDB).

"Tim kami akan tetap awasi penerimaan murid baru di setiap sekolah yang ada di Tanjungpinang," ujar Joni Mahardika saat dikonfirmasi di Mapolres Tanjungpinang, Jumat (6/7/2018).

Diketahui bahwa penerimaan siswa baru juga menjadi salah satu fokus perhatian Saber Pungli Kota Tanjungpinang dengan tujuan untuk mencegah jangan sampai ada orang-orang yang tidak bertanggung jawab sehingga mengambil keuntungan dengan cara yang tidak bagus dan kemudian mengambil pungutan-pungutan di luar biaya yang sewajarnya.

"Kami akan monitor jika menemukannya masyarakat bisa laporkan dan kami akan tindak sesuai dengan hukum yang berlaku," ucapnya.

Menurutnya yang menjadi atensi Saber Pungli Kota Tanjungpinang adalah mengenai pengenaan biaya-biaya yang tidak sewajarnya atau tidak diatur di dalam peraturan yang berlaku atau biaya-biaya yang terindekasi biaya pungli. Jangan sampai nanti ada anak-anak yang memiliki kemampuan tetapi tidak dapat bersekolah karena ulah orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

Sementara itu, untuk menyikapi hal itu, Tim Saber Pungli Tanjungpinang sering melakukan sosialisai baik di media sosial, sekolah-sekolah, masyarakat dan di Dinas Pendidikan. Sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan dan menerima informasi.

"Untuk sosialisai ke sekolah dan masyarakat, kami menggunakan sistem dor to dor," tutupnya.

Editor: Gokli