Kakanwil Kemenag Kepri Lantik Kepala KUA se- Kota Tanjungpinang
Oleh : Redaksi
Senin | 02-07-2018 | 09:40 WIB
pelantikan-kua-tpi.jpg
Kakanwil Kemenag Kepri, Marwin Jamal saat melantik Kepala KUA se-Kota Tanjungpinang di Aula Kanwil Kemenag Kepri. (Kemenag)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau Marwin Jamal melantik empat pejabat fungsional Kepala KUA se-Kota Tanjungpinang, Kamis (28/6/2018), di Aula Kanwil Kemenag Kepri.

Kepala Kanwil Kemenag Kepri H Marwin Jamal mengkritik ketimpangan antara jumlah petugas dengan tugas dan tanggung jawab. "KUA banyak memiliki tugas dan tanggung jawab, hal tersebut setidaknya dapat dilihat dari plang nama kantor KUA, namun memiliki jumlah petugas yang minim," ujarnya, Jumat lalu, seperti dilansir laman Diskominfo Kepri.

Untuk itu, dia meminta kepada jajarannya itu untuk tidak mengeluh dengan kekurangan SDM yang ada di KUA.

"Saya tetap meminta jajaran saya di KUA untuk tetap bersih dan melayani. Mulai dari bersih diri pribadi, bersih sikap, bersih penampilan, bersih kantornya. Dengan dilantiknya pegawai menjadi pejabat, apalagi menjadi Kepala KUA maka akan hilang kebebasannya. Pelayanan di KUA dan pelayanan haji selalu jadi sorotan masyarakat dari tahun ke tahun," kata Marwin Jamal.

Ia menginstruksikan agar petugas menyosialisasikan kepada masyarakat ketentuan biaya pencatatan nikah dan laksanakan secara konsisten aturan yang ada.

"Jangan ada yang coba mengakali, sebab jika dilaporkan maka pasti akan disanksi. Soal pencatatan nikah laksanakan secara normatif dan prosedur, sebab Pemerintah Malaysia dan Singapora dalam menjaga ketelitian pencatatan nikah selalu menyurati kami dan melakukan koordinasi tentang pencatatan nikah. Sudah beberapa kali kami menerima surat permintaan konfirmasi dari negara tetangga dan kita jawab normatif dan prosedur. Mereka selalu bertanya dulu betulkah pasangan tertentu sudah dinikahkan secara sah di Kepri?" tegas Marwin Jamal.

Lebih lanjut, Marwin Jamal meminta jajarannya di KUA untuk tidak terjebak dengan rutinitas kerja di kantor saja. Tugas Kepala KUA itu banyak, antara lain pembina keluarga sakinah, pembina masjid-masjid yang ada di kecamatannya, pembina hari-hari besar Islam di kecamatan, dan lain-lain.

Pelantikan yang dilaksanakan di Kantor Kemenag Kepri itu dihadiri dalam pelantikan tersebut Kepala Kantor Kemenag Kota Tanjungpinang, Erman Zaruddin dan pejabat eselon III.

Mereka yang dilantik adalah Ali Busro sebagai Kepala KUA Kecamatan Bukit Bestari. Ali Busro sebelumnya menjabat sebagai Kepala KUA Tanjungpinang Barat. Rostam Efendi dilantik sebagai Kepala KUA Tanjungpinang Timur. Rostam Efendi sebelumnya menjabat sebagai Kepala KUA Bukit Bestari.

Said Kamaluddin dilantik sebagai Kepala KUA Tanjungpinang Barat. Said Kamaluddin sebelumnya menjabat sebagai Kepala KUA Tanjungpinang Kota. Zibabur Rahman dilantik sebagai Kepala KUA Tanjungpinang Kota. Zibabur Rahman sebelumnya menjabat sebagai Penghulu Pertama pada KUA Tanjungpinang Timur.

Editor: Gokli