Isdianto Minta Disdik Kepri Jamin Kelancaran Penerimaan Peserta Didik Baru
Oleh : Charles Sitompul
Minggu | 01-07-2018 | 17:04 WIB
Isdianto_PPDB_online.jpg
Wagub Kepri Isdianto saat mempertanyakan pelaksanaan PPDB Online 2018 kepada Kadisdik Kepri (Foto: Charles)

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Hampir satu minggu ini pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online banyak dikeluhkan masyarakat dan dianggap 'amburadul'. Hal ini tentu saja membuat Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Isdianto meradang dan meminta jaminan kepastian kelancaran penerimaan peserta didik baru tahun 2018 yang menggunakan sistem online kepada Dinas Pendidikan Provinsi Kepri.

"Keluhan akses yang tersendat dari masyarakat cukup banyak yang yang disampaikan ke saya. Seharusnya dari awal sudah diantisipasi. Jangan ada lagi masalah dasar seperti susah mengaksesnya," kata Isdianto, saat melakukan sidak ke SMA Negeri 3 Batam,Sabtu (30/6/2018) kemarin.

SMA 3 Batam, menjadi sekolah yang paling banyak diiinginkan lulusan tingkat SLTP. Sampai siang Sabtu, (30/6/2018) lalu, ada 1.809 calon siswa yang mendaftar. Semnatara daya tampung sekolah ini hanya 288 siswa.

Sebagai mana diketahui, pendaftaran siswa baru tingkat SLTA, sudah dimulai sejak 28 Juni lalu dan akan berakhir pukul 24.00 tanggal 6 Juli 2018. Dengan waktu yang masih tersisa untuk melakukan pendaftar, Wagub Isdianto kembali menegaskan dan meminta jaminan kelancaran kepada panitia PPDB. Sementara untuk SMK berakhir pukul 24.00 WIB tanggal 3 Juli 2018. Mereka kemudian akan ikut tes pada tanggal 4-6 Juli 2018.

Menanggapi hal tersebut, Kabid Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Kepri Atmadinata kepada Wagub Isdianto mengatakan, akan menjamin kelancaran penerimaan siswa baru yang dilakukan dengan sistim online tersebut. Apalagi mereka sudah menambah kapasitas server dan bandwith situs web pendaftaran siswa baru.

"Jaminan Dinas Pendidikan sudah lancar. Tidak ada kemacetan dan susah mengakses lagi. Yang hadir di sini bisa menjadi saksi,"kata Isdianto.

Saat sidak itu, Isdianto juga diterima langsung Kepala SMAN 3 Vivi Kusuma Effendi. Sejumlah majelis guru juga ikut hadir dalam pertemuan itu.

Isdianto minta kendala-kendala yang pernah muncul dijadikan pelajaran. Sehingga tahun depan, sejak hari pertama sudah langsung lancar prosesnya. Isdianto juga minta perkembangan PPDB ini dilaporkan kepada dirinya.

Wagub pun bersyukur jika semuanya sudah lancar. Namun dia minta pihak-pihak terkait untuk terus memperhatikan kelancaran akses. Karena waktu masih tersisa untuk pendaftaran.

Editor: Surya