Persiapan Mudik Lebaran, Angkasa Pura II Tanjungpinang Cek Seluruh Fasilitas Bandara
Oleh : Roland Aritonang
Selasa | 05-06-2018 | 14:40 WIB
gm-angkasapura-tpi1.jpg
GM Angkasa Pura II Tanjungpinang, Hotasi Manalu. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Menjelang mudik lebaran Idul Fitri, Angkasa Pura II Tanjungpinang akan melaksanakan general check up terhadap semua fasilitas di Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang.

GM Angkasa Pura II Tanjungpinang, Hotasi Manalu mengatakan, jelang lebaran idul fitri nanti pihaknya melakukan apel kesiapan mudik lebaran. Maka dari itu pihaknya akan melakukan general check up terhadap semua fasilitas yang ada di bandara.

"Tidak hanya itu, kita juga mengecek seluruh pegawai yang berkerja selama lebaran karena liburan 20 hari kita pastikan cukup. Kita hanya memperbolehkan satu orang saja cuti per unit dan kita pastikan SOP ada serta lengkap," ujar Hotasi, Senin (4/6/2018).

Ia menambahkan, hingga saat ini belum ada satupun maskapai penerbangan yang mengajukan penambahan penerbangan (ekstra flight).

"Tapi biasanya jumlah penumpang akan full mencapai 100 persen, itu saja yang akan kami antisipasi. Contohnya jika di hari biasa untuk pesawat Lion jumlah penumpang sebanyak 170 orang mungkin nanti pada saat H-7 dan H+7 akan meningkat dan maksimal," paparnya.

Ia menjelaskan, peningkatan jumlah penumpang saat ini sudah kelihatan, meningkat sekitar 5 persen dibanding hari biasa. Dan seperti biasanya setiap mudik lebaran penumpang lebih banyak kedatangan dari pada keberangkatan.

"Kalau kita lihat di Tanjungpinang ini lebih banyak kedatangan dibandingkan dengan kepergian," ucapnya.

Sementara itu untuk posko pelayanan lebaran akan didirikan pada tanggal 8 Juni 2018 tetapi sebelumnya menyiapkan apel lebaran dan dibantu oleh Polri dan TNI AU. Termasuk mengambil langkah-langkah antisipasi adanya tindakan teror.

Editor: Yudha