Pancasila Semangat Pemersatu Bangsa Indonesia
Oleh : Habibi Khasim
Senin | 04-06-2018 | 19:28 WIB
upacara-pancasila.jpg
Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Kantor Wali Kota Tanjungpinang, Senggarang. (Foto: Habibi Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni, Pemerintah Kota Tanjungpinang menggelar upacara bendera, di halaman Kantor Wali Kota Tanjungpinang, Senggarang, Senin (4/5/2018).

Upacara tersebut dipimpin Penjabat Wali Kota Tanjungpinang, Raja Ariza. Dalam amanatnya yang membacakan pidato Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, mengingatkan bahwa selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi rumah bangsa Indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.

Sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di nadi seluruh rakyat Indonesia.

"Sungguh Pancasila adalah berkah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita, melalui pemikiran para founding father Indonesia. Pancasila sebagai pemersatu perbedaan yang berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi pondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur," kata Jokowi yang dibacakan oleh Raja Ariza.

Semangat Pancasila harus selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita, terutama dalam tugas dan tanggungjawab kita. Sebagai bangsa yang majemuk, yang terdiri atas 714 suku dan lebih dari 1.100 bahasa lokal, yang hidup di lebih dari 17.000 pulau.

Semangat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. "Kita harus bersatu untuk memperkokoh semangat Bhinneka Tunggal Ika, kita harus menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar, dan bangsa pemimpin," tutur Penjabat Wali Kota.

Dikatakannya, peringatan hari lahir Pancasila harus jadi momentum untuk mengingat dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Karena itu, ia mengajak seluruh pihak untuk sama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian.

"Jadikan momen lahirnya Pancasila sebagai pemacu dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila untuk memajukan bangsa sekaligus menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia. Mari sama-sama teguhkan semangat kita untuk bersatu, berbagi, dan berprestasi," katanya.

Editor: Gokli