Rutan Kelas I Tanjungpinang Gelar Buka Puasa Bersama Warga Binaan dengan Masyarakat
Oleh : Ismail
Senin | 04-06-2018 | 08:28 WIB
buka_bersama_bang_napi.jpg
Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Tanjungpinang menggelar buka puasa bersama warga binaan dengan warga setempat (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Tanjungpinang menggelar buka puasa bersama warga binaan beserta warga setempat, Minggu (3/6/2018).

Kegiatan buka puasa tersebut bersamaan dengan safari Ramadhan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepri yangsekaligus peringatan Nuzulul Quran di Rutan Kelas I Tanjungpinang.

Kepala Rutan Kelas I Tanjungpinang, Romi Widiatmoko dalam sambutannya mengatakan, , sejak awal Ramadhan kemarin pihaknya secara rutin melaksanakan kegiatan keagamaan di Rutan. Yakni, mulai 21 mei lalu telah melaksanakan pesantren bagi warga binaan.

Dalam kegiatan keagamaan tersebut, setidaknya mengikutkan 102 warga binaan. Dirinya berharap, dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut dapat meningkatkan ketakwaan para warga binaan selama dalam proses hukuman serta bebas nanti.

"Kegiatan ini memang menjadi agenda rutin kami selama bulan Ramadan," ungkapnya.

Disamping itu, Romi juga menambahkan, buka puasa bersama ini juga sengaja dilakukan untuk memperingati Nuzulul Quran dimana tepatnya Kita Suci umat Islam diturunkan pertama kali. Oleh karena itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat mempererat silaturahmi serta solidaritas kepada sesama.

"Semoga kita bisa memetik hikmah dari setiap peringatan yang dilaksanakan," ujar Romi.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkum dan Ham, Bambang Widodo mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan tersebut. Apresiasi tersebut terutama diberikan kepada Kepala Rutan. Menurutnya, meski berstatus non muslim, namun tetap berkeinginan melaksanakan kegiatan keagamaan.

Ia mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari pembinaan warga binaan agar selama menjalani proses hukuman, namun masih bisa memetik hikmah serta beribadah. Untuk itu, dirinya berharap agar agenda tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik dan menjadi agenda rutin Rutan Tanjungpinang.

"Jadikan ini sebagai momentum mempererat tali silaturahmi antara petugas dan warga binaan serta warga setempat di sekitar Rutan," harapnya.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri PJ Walikota Tanjungpinang dan sejumlah warga setempat. Diakhir kegiatan, Kepala Rutan dan Kepala Kanwil turut memberikan bingkisan kepada warga setempat.

Editor: Surya