Air Laut Tak Kunjung Pasang, Muatan KM Bhaita Jaya Terpaksa Dibongkar
Oleh : Roland Aritonang
Sabtu | 02-06-2018 | 10:29 WIB
bongkar-muatan-kandas.jpg
Proses pemindahan muatan KM Bhaita Jaya Prima ke kapal lain, karen kandas di Perairan Tanjungpinang. (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinan - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang mengintruksikan kepada agenda kapal KM Bhaita Jaya Prima GT 1479 yang kandas di perairan depan Gedung Gonggong Tepi Laut untuk segera membongkar dan memindahkan muatan ke kapal lain

"Kita perintahkan segera kepada agen kapal ini untuk segera memindah muatannya kekapal lain," kata Kasi Keselamatan dan Pelayaran KSOP Tanjungpianang, Alimin Moko Dompit, Sabtu(2/6/2018).

Hal ini dilakukan agar kapal tersebut bisa lepas dari posisi kandas dan melanjutkan pelayaran ke pelabuhan bongkar muat barang Sri Payung Batu Enam Tanjungpinang untuk melakukan bongkar keseluruhan muatan di atas kapal.

"Bongkar muatan kapal itu, sudah berlangsung sejak kemarin," katanya.

Menurutnya dengan dilakukan bongkar muatan barang yang ada di atas kapal, akan diadakan pengecekan kembali ke seluruh komponen kapal, dengan tujuan untuk memastikan apakah ada kebocoran yang dapat mengakibatkan rusaknya muatan di atas kapal.

"Jika diprediksi kalau menunggu air pasang, diperkirakan harus menunggu satu minggu dahulu," ucapnya.

Sebelumnya, sudah dua hari KM Bhaita Jaya Prima GT 1479 pengangkut barang, kandas di perairan Tanjungpinang tepatnya depan Gedung Gonggong Tepi Laut.

Diketahui kapal barang itu mengangkut beberapa barang seperti semen dan kendaraan roda empat serta barang-barang lainnya.

Editor: Gokli