KM Bhaita Jaya Prima GT 1479 Kandas di Perairan Tanjungpinang
Oleh : Roland Aritonang
Kamis | 31-05-2018 | 16:04 WIB
kapal-kandas1.jpg
KM Bhaita Jaya Prima GT 1479 kandas di Tanjungpinang. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sudah dua hari KM Bhaita Jaya Prima GT 1479 pengangkut Barang kandas diperairan Tanjungpinang tepatnya depan Gedung Gonggong Tepi Laut Tanjungpinang.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang Aprianus Hangki mengatakan kapal barang itu sudah dua hari yang lalu kandas di perairan itu.

"Kapal kandas karena diduga tidak memperhatikan alur air," ujar Aprianus saat dikonfirmasi, Kamis(31/5/2018).

Menurutnya untuk menyikapi hal itu, pihaknya akan melihat kedalaman perairan. Jika kedalaman tidak mencukupi barang itu harus dibongkar dan dipindahkan ke kapal lain.

"Tapi kami cek terlebih dahulu hari ini. Jika air pasang tinggi belum juga bisa berjalan, kami akan minta ke pemilik kapal untuk membongkar," ucapnya.

Di tempat yang sama, Kasi Keselamatan dan Pelayaran KSOP Tanjungpianang Alimin Moko Dompet mengatakan kapal barang itu berasal dari Sunda Kelapa menuju Pelabuhan Bongkar Muat Sri Payung Tanjungpinang namun saat melintasi perairan tersebut kandas karena pendangkalan air laut.

"Saya baru menerima laporan dari agen kapal di sini, diduga kapal barang asal Sunda Kelapa ini kandas karena ada pendangkalan air laut. Memang di lokasi itu juga sering kandas," ucap Alimin.

Sedangkan kapal barang itu mengangkut semen dan kendaraan roda empat serta barang-barang lainnya. Dalam rangka pengawasan pihaknya akan langsung mengambil tindakan dan terjun ke lokasi.

"Sampai saat ini kejadian itu tak mengganggu kapal yang melintasi," pungkasnya.

Editor: Yudha