Hasil Tambang di Ekspor ke Cina

BC Tanjungpinang Lakukan Pengawasan Tambang Bauksit PT Gunung Bintan Abadi
Oleh : Roland Aritonang
Jum\'at | 25-05-2018 | 13:52 WIB
bc-tpi-sodikin.jpg
Kepala Kantor Pengawasan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Tanjungpinang, Sodikin. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Hasil tambang Bauksit PT Gunung Bintan Abadi yang beroperasi di Tembeling Kabupaten Bintan diekspor ke Cina.

Kepala Kantor Pengawasan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Tanjungpinang, Sodikin mengatakan penambangan bauksit tersebut telah memiliki izin dari Provinsi Kepri, dan izin yang dimiliki oleh PT Gunung Bintan Abadi sudah lengkap.

"Izinnya sudah lengkap makanya bisa beroperasi tambang bauksit tersebut," ujar Sodikin, Jumat (25/5/2018).

Sodikin menjelaskan, untuk kontribusi penerimaan bea keluarnya sebesar 10 persen dari jumlah hasil tambang yang di ekspor setiap bulannya.

"Untuk penerimaan bea keluar ekspor bauksit ini setiap bulannya berbeda seperti kurs, tidak sama. Kami akan sampaikan nantinya berapa kontribusi penerimaan dari tambang bauksit ini," ucapnya.

Sementara itu, untuk tujuan ekspor tambang bauksit PT Gunung Bintan Abadi ini, di ekspor ke Cina dan sampai saat ini baru satu perusahaan ini beroperasi.

Menurutnya Bea Cukai Tanjungpinang saat ini juga melakukan pengawasan dan menempatkan anggotanya di tempat beroperasinya PT Gunung Bintan Abadi.

"Pengawasan dari kami sudah ditempatkan anggota di sana, mulai dari mengambil stok file hingga memasukkannya ke tongkang itu, sudah ada yang mengawasi," tegasnya.

Editor: Yudha