KM Bukit Raya Kandas di Sedanau, KM Lawit Layani Rute Natuna
Oleh : Ismail
Senin | 21-05-2018 | 16:52 WIB
bukit-raya1.jpg
KM Bukit Raya. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - PT Pelayan Nasional Indonesia (Pelni) menyiapkan armada kapal KM Lawit untuk melayani rute pelayaran ke Natuna menggantikan KM Bukit Raya yang kandas di Perairan Karang Neneh kawasan Sedanau, Kabupaten Natuna Jumat (18/5/2018) kemarin.

Manager PR dan CSR PT. Pelni (Persero) Akhmad Sujadi mengatakan, untuk sementara KM Lawit akan mengambil rute pelayaran Natuna menggantikan KM Bukit Raya selama mengalami masa perbaikan.

Rencananya, KM. Lawit akan berangkat dari Tanjung Perak, Surabaya pada Rabu (23/5/2018) menuju ke Pulau Serasan dan akan tiba pada Sabtu (26/5/2018) mendatang. Lalu, akan tetap melalui rute yang sama yakni, Midai -Selat Lampa atau Natuna –Tarempa – Letung-Kijang.

"Kemudian pada Selasa (29/5/2018) Kembali lagi ke Letung-Tarempa-Natuna-Midai- Serasan-Pontianak terkahir ke kembali ke Semarang," kata Sujadi, Senin (21/5/2018).

Kendati salah satu armada Pelni yang melayani rute Kepri mengalami insiden, Sujadi tetap akan memastikan pelayanan pelayaran ke Kepulauan Riau dan Pontianak tetap terlayani dengan baik.

Oleh karena itu, diirinya menyebut, pelayaran Pelni ke Kepulauan Riau tidak hanya dilayani KM. Bukit Raya saja, namun dilayani KM. Sabuk Nusantara (Sanus). Dimana KM Sanus 39 melayani rute pelayaran dari Pontianak-Serasan-Subi-Ranai-Pulau Laut-Sedanau-Selat Lampa-Pulau Tiga- Midai-Tarempa-Kuala Maras. Lalu, KM Sanus 30 dari Tanjung Pinang-Kuala Maras-Tarempa-Midai-Pulau Tiga-Ranai-Subi-Serasan-Sintete-Tambelan-Tanjung Pinang.

"Masing-masing kapal juga berkapasitas masing-masing kapal 400 penumpang," ungkapnya.

Selain kedua kapal tersebut, tambah Sujadi, Pelni juga mengoperasikan KM. Sanus 62 yang baru selesai masa perbaikan (docking). Memurutnya, kapal dengan kapasitas 265 penumpang ini akan melayani rute pelayaran Tanjungpinang-Senayang-Jagoh-Pulau Berhala-Jagoh-Pulau Pekajang-Blinyu-Pulau Pekajang-Jagoh-Senayang-Tanjung Pinang-Tambelan-Sintete-Tambelan-Tanjungpinang.

"Ada 4 kapal termasuk Bukit Raya melayani pelayaran ke Kepulauan Riau dan pulau-pulau sekitarnya yang dikenal dengan pulau tujuh," terang Sujadi.

Editor: Yudha