Kapal Berpenumpang 105 Orang Tenggelam di Perairan Horseburgh
Oleh : Roland Aritonang
Kamis | 19-04-2018 | 10:43 WIB
timsar1.jpg
Tim BNPP Kelas I Tanjungpinang saat meluncur menuju lokasi kapal tenggelam. (Foto: Ist)

BATAMTODAY. COM, Tanjungpinang - Sebuah kapal yang mengangkut 105 penumpang dari Bandar Penawar Johor ke Indonesia (Bintan/Batam) mengalami kecelakaan laut di perairan Horseburgh (Batu Putih), Kamis (19/4/2018) sekitar pukul 02.53 WIB.

Kepala Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Kelas I Tanjungpinang Budi Cahyadi membenarkan laka laut tersebut. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Coastguard Singapore, kata Budi, bahwa telah terjadi kecelakaan kapal di perairan Horseburgh,dengan penumpang sebanyak 105.

Kapal yang belum diketahui namanya itu berlayar dari Bandar Penawar Johor menuju Bintan/Batam. "Kita dapat informasi dari coastguard pagi tadi, dan tim kita sedang menuju ke lokasi," ujar Budi.

Budi menjelaskan, untuk titik koordinat kecelakaan kapal tersebut, hingga kini belum diketahui. Tapi dipastikan di perairan Internasional. Untuk jenis kapalnya, pihaknya juga belum mengetahui.

"Titik koordinat tenggelamnya kapal, kita belum mendapatkan informasi yang jelas," ungkapnya.

Dari informasi yang diperoleh, Budi menambahkan, saat ini Sar Singapura sedang mengevakuasi korban ke kapal Singapura. Untuk korban yang selamat dan yang tidak selamat sampai saat ini belum diketahui.

Mendapat informasi itu tindakan yang sudah dilaksanakan oleh BNPP Tanjungpinang di antaranya dengan menggerakan KN SAR Purworejo, berkoordinasi dengan Lantamal IV Tanjungpinang, Lanal Batam, Bakamla Batam, Polair Batam, PLP Tanjung uban, Pol air Polda Kepri menggerakan KN Baladewa, Pangkalan PLP TUB menggerakan KN Sarotama P112 dan KN Kalimashada P115.

"Sedangkan unsur dari Singapura yang diturunkan kapal Coastguard 2 unit, Kapal Police Marine 1 unit, Kapal Navy 1 unit, Bakamla 1 unit. Sedangkan untuk unsur Malaysia KM Tegas evakuasi 30 orang, Boat Kilat 21 orang," pungkasnya.

Editor: Gokli