BKIPM Tanjungpinang Cek Ikan dan Produk Perikanan di Pasar Bintan Center
Oleh : Roland Aritonang
Selasa | 10-04-2018 | 12:28 WIB
cek-sampling.jpg
Petugas BKIPM Tanjungpinang saat mengambil sampel ikan di Pasar Bintan Center. (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Balai Karantina Ikan Pengendali dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Tanjungpinang melakukan pengecekan terhadap pedagang-pedangang produk perikanan (Goes To Market) di Pasar Bintan Center, Selasa (10/4/2018).

Ahli Muda dan Inspektur Mutu Keamana Pangan Hasil Perikana pada BKIPM, Risma Delima Simanjuntak mengatakan, kegiatan BKIPM Goes To Market dalam rangka untuk menjaga keamanan pangan pada produk perikanan yang berada di Pasar Bintan Center (Bincen).

"Pasar Bincen ini kita ambil untuk sebagai contoh dan perwakilan pasar-pasar di Tanjungpinang," ujarnya.

Kegiatan itu dilaksanakan untuk menguji kandungan zat-zat kimia yang membahayakan seperti formalin dan borak pada roduk perikanan yang ada di Pasar Bincen.

Ada 11 sampel produk perikanan yang dilakukan pengujian. Di antaranya ikan asin sempat, ikan sarden, selar, bakso goreng kecil, bakso goreng sedang, bakso besar, bakso goreng ikan, ikan gabus laut, udang, tongkol, bakso ikan merah dan es batu.

Pemilihan sampel yang dilakukan BKIPM secara acak. Namun, semua yang ada di meja-meja pedagang pihaknya berusaha mengambil sampling agar tidak ada kesenjangan antara penjual.

"Contohnya saja jika produk sama, maka di tempat yang lain kita memilih jenis produk perikanan yang lain," pungkasnya.

Kegiatan BKIPM Tanjungpinang Goes To Market ini juga dalam rangka memperingati Hari Bhakti BKIPM. Pengecekan atau sidak ke Pasar Bincen ini didampingi BPOM Kepri dan Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang.

Editor: Gokli