Sepekan Sudah 191 Pendaftar Secara Online

Animo Masyarakat Tanjungpinang Daftar Jadi Anggota Polri Sangat Tinggi
Oleh : Roland Aritonang
Rabu | 04-04-2018 | 17:52 WIB
polri-tpi1.jpg
Pemeriksaan berkas administrasi calon pelamar anggota Polri di Mapolres Tanjungpinang. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Animo putra-putri Tanjungpinang untuk menjadi calon anggota Polri tahun 2018 sangat tinggi. Sepekan dibukanya pendaftaran sudah 191 orang yang mendaftar secara online.

Kabag Sumda Polres Tanjungpinang, Kompol Zanie Parlinggoman Rajagukguk mengatakan setelah satu pekan berlangsung dibukanya penerimaan anggota Polri, Polres Tanjungpinang telah mencatat sebanyak 191 orang telah melakukan pendaftaran secara online melalui website http://www.penerimaan.polri.go.id.

"Polisi laki-laki (polki) sebanyak 143 orang pendaftar, sedangkan untuk calon polisi wanita (Polwan) sebanyak 48 orang. Pendaftar Akpol ada 8 orang," ujar Zanie saat ditemui di Mapolres Tanjungpinang, Rabu (4/4/2018).

Dijelaskan, setelah melakukan pendaftaran secara online, para perserta juga diwajibkan untuk melengkapi berkas-berkas administrasi yang akan diperiksa di Mapolres Tanjungpinang.

"Semua tahapan seleksi awal dalam penerimaan calon anggota Polri tahun 2018 ini dilakukan secara trasparan, makanya dalam pemeriksaan berkas atau dokumen peserta," katanya.

Zanie memaparkan persyaratan yang harus dilengkapi dalam pendaftaran penerimaan anggota Polri pada umumnya yakni warga negara Indonesia, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Lulusan SMA Sederajat, setia kepada NKRI berdasarkan pancasila dan UUD 1945, berusia minimal 18 tahun, sehat jasmani serta rohani (menyertakan surat keterangan sehat dari insitusi kesehatan setingkat RSUD), tidak sedang terlibat kasus pidana atau pernah dipidana dibuktikan dengan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) dari Polres.

"Tidak hanya itu, seluruh calon anggota diwajibkan untuk bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia," katanya.

Pendaftaran penerimaan anggota polri ini dibuka sejak tanggal 26 Maret sampai 12 April 2018. Terdapat 8 jenis seleksi calon anggota Polri diantaranya antaralain Akpol, Bintara PTU dan Polwan, Tamtama, Bintara TI, Bintara Musik, Bintara Kimia, dan Bintara Penerbangan.

Editor: Yudha