Diskominfo Kepri Siap Ditugaskan Jadi Walidata Statistik Sektoral
Oleh : Redaksi
Rabu | 04-04-2018 | 14:16 WIB
diskominfo-logo1.jpg
Logo Diskominfo.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Kepri menyatakan kesiapannya jika nantinya ditugaskan menjadi badan yang berwenang untuk menjadi Walidata Statistik Sektoral di Provinsi Kepri.

Hal ini disampaikan Plt.Kepala Dinas Kominfo Kepri Sardison pada video conference Pembinaan Statistik Sektoral Di Daerah bersama BPS Provinsi Kepri di Tanjungpinang, Rabu (4/4/2018).

"Intinya kami siap jika ditugaskan menjadi Walidata statistik sektoral ini," ujar Sardison.

Namun lanjut Sardison untuk pengembangan implementasinya perlu sinergitas dan kolaborasi yang kuat antar semua pihak untuk dapat mewujudkannya

"Untuk tenaga teknis ataupun persoalan IT terhadap pengimplementasian mungkin Diskominfo siap, namun untuk metode, pengumpulan data serta modul , instrumen data yang paling paham ya orang BPS," ujar Sardison.

Untuk itu, lanjut Sardison jika memang nantinya sistem ini cepat diberlakukan d di Kepri dan pengalihan kewenangan nya pun dapat disetujui Gubernur dan BPS maka seiring berjalannya waktu Diskominfo akan belajar dan terus mempelajari terkait pengelolaan data statistik sektoral ini.

"Namun begitu , saya juga meminta adanya Bantuan Kendali Operasi (BKO) dari unit yang ditunjuk BPS untuk mengelola walidata ini," ujar Sardison.

Agar kedepannya, lanjut Sardison Diskominfo Kepri benar-benar siap dalam menjadi Walidata statistik sektoral di Lingkungan Provinsi Kepri.

Sebelumnya ,Melalui Video Conference Kepala Badan Pusat Statistik Pusat Kecuk Suhariyanto mengatakan bahwa forum pembinaan statistik sektoral ini bertujuan untuk mengkoordinasi teknik kompilasi statistik sektoral.

Yangmana salah satunya adalah dengan menjadikan Diskominfo di masing-masing daerah di Indonesia sebagai Walidata statistik sektoral di lingkup Pemerintah Daerah.

"Yang bertugas mengumpulkan dan mengelola data yang dihasilkan oleh produsen data serta menyebar luaskan di lingkup instansi Pemerintah," ujar Kecuk.

Melalui forum inilah, pihaknya selaku BPS akan memberikan pembinaan kepada Diskominfo untuk mengelola dan menjalankan tugasnya sebagai penerima dan pengelola data statistik yang ada di pemerintah daerah.

"Sebelumnya tupoksi ini menjadi ranah Bappeda, namun sudah selayaknya lah tugas dan wewenang ini menjadi tanggungjawab Diskominfo selaku lembaga yang berwenang mengelola statistik," ujar Kecuk dihadapan seluruh kepala BPS dan Kadiskominfo sebagai Indonesia melalui Video Conference.

Kecuk juga memastikan bahwa pihaknya akan mempercepat penetapan Perka NSPak, nomenklatur,tata kelola tentang penyelenggaraan kegiatan statistik sektoral agar pelaksanaan kegiatan statistik sektoral didaerahnya dapat cepat terlaksana.

"Selain itu, kami juga akan bersinergi dengan berbagai pihak terkait pelaksanaan statistik sektoral ini seperti bersama Kemendagri dan Kementrian Komunikasi dan Informasi untuk kelancaran penerapan statistik sektoral ini," ungkap Kecuk.

Yangmana, Kecuk mengharapkan agar terbentuknya penguatan dan terselenggaranya Forum Satu Data ini di Indonesia.

Sumber: Diskominfo Kepri
Editor: Yudha