848 Ketua RT/RW di Tanjungpinang Terima Dana Insentif Triwulan I
Oleh : Habibi
Selasa | 27-03-2018 | 15:28 WIB
pengambilan-insentif1.jpg
Ketua RT/RW di Tanjungpinang terima dana insentif di gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah. (Foto: Habibi)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sebanyak 848 Ketua RT dan RW di Kota Tanjungpinang menerima dana insentif untuk triwulan pertama tahun 2018, Selasa (27/3/2018) di gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tanjungpinang.

Meski jumlah uang yang diterima tidak bertambah, namun jumlah penerima bertambah satu orang, dimana pada tahun 2017 jumlah penerimanya sebanyak 847. Antusiasme RT/RW mengambil hak mereka pun tergambar jelas, semakin gembira lagi waktu penerimaan insentif tidak molor.

Setiap ketua RT dan RW menerima sekitar Rp 375 ribu per bulan, sehingga jika ditotal mereka mendapatkan sekitar Rp 1.057.000 usai dipotong pajak. Kegiatan pembagian insentif ini juga disandingkan dengan kegiatan silaturahmi antara RT dan RW bersama PJ Wali Kota Tanjungpinang, Raja Ariza yang memang belum mereka jumpai sebelumnya.

Dalam sambutannya, Pj. Wali Wali Kota Tanjungpinang, Ariza menyampaikan bahwa peran ketua RT/RW sangatlah penting maka harus menjadi perhatian khusus oleh Pemerintah Kota Tanjungpinang. Bahkan, Ariza menyatakan bahwa bukan tidak mungkin, jika pendapatan dalam APBD meningkat, jumlah insentif yang diterima RT/RW bertambah.

"Terima dengan ikhlas insentif yang diberikan, jika APBD Kota Tanjungpinang meningkat, maka tidak menutup kemungkinan bisa ditambah lagi dari nominal sekarang sesuai dengan kemampuan daerah. Saat ini Pemko sedang berusaha agar meningkat dan dapat menjalankan pembangunan dengan baik," ujar Ariza.

Raja Ariza juga mengucapkan terimakasih banyak atas peran aktif yang dilakukan Ketua RT/RW selama ini.

"Saya berharap semua RT dan RW dapat menjalankan tugas dengan baik serta selalu membangun komunikasi antar perangkat masyarakat, Lurah dan Camat agar segala permasalahan dapat terdeteksi dengan cepat dan bisa diselesaikan dengan baik." tambahnya.

Di akhir sambutannya, Raja Ariza berharap kepada Ketua RT / RW dapat mensukseskan dan memfasilitasi Pemilukada mendatang.

"Perangkat RT/RW ini merupakan ujung tombak pemerintahan untuk mensukseskan Pemilukada agar berjalan aman tertib dan damai. Selain itu banyak lagi yang menjadi peran Ketua RT/RW terhadap lingkungannya, seperti menjaga keamanan lingkungan serta dapat mencegah peredaran narkoba dan hindari korupsi di tingkat RT/RW," kata Ariza.

Plt. Kabag Tata Pemerintahan Sri Julianti Novita menyampaikan laporannya terkait penyerahan insentif ini adalah untuk mengapresiasi kepada Ketua RT / RW sebagai mitra kerja pemerintah yang banyak membantu tugas di Pemerintahan Kota Tanjungpinang.

Yanti juga menambahkan bahwa jumlah Ketua RT dan RW di Kota Tanjungpinang sesuai dengan Surat Keputusan Wali Kota Nomor 18 tahun 2018 yang didasarkan Surat Keputusan Lurah Tentang pengangkatan dan penetapan RT dan RW di wilayahnya berjumlah 848 orang.

"Jumlah ketua RT 680 orang dan Ketua RW 168 orang. Alhamdulillah di tahun 2018 ini sudah ada beberapa kelurahan yang melaksanakan pemilihan ulang bagi Ketua RT dan RW secara musyawarah dan demokratis," pungkasnya.

Editor: Yudha