Pembangunan Tugu di Tiga Bundaran

Tata Pulau Dompak, Pemprov Kepri Gandeng Bank Riau Kepri
Oleh : Ismail
Selasa | 20-03-2018 | 11:53 WIB
dompak-tugu.jpg
Kawasan Istna Kota Piring, Pulau Dompak, Kota Tanjungpinang. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepri menggandeng Bank Riau Kepri untuk menanta Pulau Dompak, sebagai pusat pemerintahan. Dana yang digelontorkan Bank Riau Kepri dari program CSR mencapai Rp1,3 miliar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kepri, Abu Bakar mengungkapkan, setelah selesai melakukan pemasangan tugu, pada tahun ini Pemprov Kepri akan melanjutkan pembangunan Bundaran I Pulau Dompak. Adapun pekerjaan yang akan dilakukan pada tahun ini meliputi pembangunan air mancur dan tempat bermain bagi anak-anak dengan alokasi anggaran sekitar Rp4,5 miliar.

Lalu, di tahun ini pula akan dilaksanakan proyek penataan pedestrian median pada ruas jalan masuk menuju kawasan strategis provinsi Pulau dompak (kawasan green) menuju Jembatan 3 Pulau Dompak ini dianggarakan denhan alokasi anggaran senilai Rp980 juta.

"Jadi nanti tempat itu diharapkan jadi tempat wisata baru untuk masyarakat Tanjungpinang," sebut Abu Bakar, Selasa (20/3/2018).

Ia menambahkan, untuk membangun kembali tiga tugu di masing-masing bundaran kawasan Pulau Dompak. Namun, untuk pembangunam tersebut tidak menggunakan APBD, melainkam Pemprov Kepri bekerjasama pihak swasta dengan memanfaatkan dana CSR (dana kemitraan).

"Untuk pembangunan tugu kita kerja sama dengan pihak ketiga dengan menggunakan dana CSR. Mungkin untuk konsep tugunya akan kita sayembarakan," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Operasional Bank Riau Kepri Denny M Akbar mengatakan, tahun ini pihaknya akan menggelontorkan dana kemitraan (CSR) sebesar Rp1,3 miliar untuk membangun Tugu Bismillah di bundaran depan Masjid Raya Nur Ilahi, Pulau Dompak.

Pembangunan tugu itu ditargetkan sudah akan dimulai pada bulan Juni tahun 2018 ini dan ditargetkan sudah akan rampung pada akhir tahun 2018 ini. Saat ini pihaknya tengah melakukan konsultasi bersama Dinas PUPRP Kepri untuk teknis pekerjaan pembangunan tugu tersebut.

"Kami berharap ini nanti dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Walaupun secara tidak langsungkan faedahnya itu dapat dirasakan oleh masyarakat," ujarnya belum lama ini.

Pembangunan tugu ini sendiri, kata dia, merupakan inisiatif langsung dari Pemerintah Provinsi Kepri selaku pemegang saham Bank Riau Kepri. Sedangkan untuk pelaksanaannya akan dilakukan oleh Bank Riau Kepri.

Ia juga menyebut, meski pihaknya yang bertanggungjawab untuk melakukan pembangunan tugu tersebut. Namun, untuk teknis pelaksanaannya pihaknya akan melimpahkan pekerjaan pembangunan tugu itu ke pihak ketiga dengan menggunakan sistem lelang.

"Intinya nanti sistemnya akan kita lelang sesuai dengan prosedur. Karena kita tidak ingin niatnya mau berbuat baik, justru malah salah," pungkasnya.

Editor: Gokli