HUT ke-46, BNPP Kelas A Tanjungpinang Optimalkan Sinergitas
Oleh : Roland Aritonang
Rabu | 28-02-2018 | 12:26 WIB
bnpp1.jpg
Basarnas mengadakan simulasi pertolongan pertama pada kecelakaan saat peringatan HUT ke-46. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Kelas A Tanjungpinang pada HUT ke-46 lebih mengedepankan sinergitas dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya.

Kepala Kantor BNPP Kelas A Tanjungpinang, Budi Cahyadi mengatakan inti dari pada tema HUT Basarnas yang ke 46 adalah sinergitas, jadi tidak ada operasi SAR itu yang berhasil oleh BNPP sendiri, tapi adanya sinergitas dari berbagai pihak seperti TNI, POLRI, Pemerintah Daerah, Provinsi ataupun Pusat.

"Selain itu tidak hanya sinergitas dengan itu saja tetapi kemudian kita juga besinergitas dengan nelayan," ujar Budi usai apel HUT Ke-46 di Kantor BNNP Kelas A Tanjungpinang, Rabu (28/2/2018).

Budi menjelaskan evaluasi SAR selama 2017 sebagian besar adalah kondisi membahayakan bagi manusia, seperti orang hanyut dalam kecelakaan tapi ada hal yang besar ditangani yaitu kecelakaan pada saat TKI di perairan perbatasan dan membantu mengevakuasi kapal perang Amerika dan sebagainya. "Karena 96 persen wilayah adalah perairan," katanya.

Maka dari itu ,Budi mengungkapkan tantangan yang dihadapi oleh BNNP adalah pertolongan korban di wilayah perairan. Seperti perintah pimpinan pusat memerintahkan untuk mengupayakan secepat mungkinh atau dalam waktu 15 menit untuk persiapan dan 15 menit kedepannya untuk menuju lokasi. "Untuk itu kami terus berlatih dan berkoordinasi untuk menguatkan sinergi," tegasnya.

Menurutnya untuk fasilitas dan sarana prasarana selalu dilengkapi tapi yang lebih terpenting lagi Sumber Daya Manusia (SDM) harus lebih di latih dan diberi ilmu, karena sesuai perintah pimpinan pusat tidak hanya fasilitasnya tetapi SDM juga harus di perbaiki.

"Untuk di wilayah kerja BNPP Kelas A Tanjungpinang terdapat Pos SAR Batam dan Pos SAR Karimun, serta nantinya akan mendirika unit siaga SAR di lingga untuk melingkupi wilayah-wilayah Lingga dan nanti akan ada salah satu kapal yang stanby di sana," pungkasnya.

Editor: Yudha