Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Pemprov Kepri Gelar FGD dengan OJK dan BI
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 21-02-2018 | 19:50 WIB
pemprov-kepri-gelar-fgd.jpg
Pemerintah Provonsi Kepri menggelar Focus Group Discussion (FGD) bersama OJK dan BI di Rupatama Lt.4 Kantor Gubernur, Istana Kota Piring, Dompak, Tanjungpinang, Rabu (21/2/2018) (Foto: ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dorong Pertumbuhan Ekonomi di Kepri, Pemerintah Provonsi Kepri menggelar Focus Group Discussion (FGD) bersama OJK dan BI dengan tema "Memperkuat peran Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) terhadap perekonomian Provinsi Kepri".

FGD pemerintah dan OJK serta BI perwakilan Kepri ini, dibuka langsung Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau, TS Arif Fadillah, di Rupatama Lt.4 Kantor Gubernur, Istana Kota Piring, Dompak, Tanjungpinang, Rabu (21/2/2018).

Dalam kesempatan itu, Arif mengatakan melalui rilisnya bahwa peran dari TPAKD sangat penting bersama Pemerintah Daerah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah.

"Bagaimana kita terus berupaya menumbuhkan perekonomian Kepri dengan terus berinovasi dalam menunjang indikator terkait," kata Arif.

Arif melanjutkan bahwa dalam menunjang indikator-indikator terkait tersebut perlu dukungan semua pihak.

"Kami mendukung sepenuhnya keberadaan TPAKD di Provinsi Kepri, diharapkan mampu bersinergi mendorong perekonomian di Kepri," lanjut Arif.

Arif berharap, dengan forum diskusi ini dapat lebih menyatukan suara, menampung aspirasi dan masukan serta terdapat solusi bersama serta strategi-strategi untuk dapat mencapai tujuan awal yakni peningkatan perekonomian Kepri.

Sementara itu Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kepri, Iwan M Ridwan, mengatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan dukungan untuk ikut serta dalam peningkatan perekonomian Kepri.

"Salah satunya dengan TPAKD yang bertujuan untuk mendorong ketersediaan akses keuangan kepada masyarakat, mencari terobosan dalam rangka membuka akses tersebut, mendorong peran serta lembaga jasa keuangan serta menggali potensi ekonomi yang dapat dikembangkan," ujar Iwan.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kepri, Gusti Raizal Eka, mengatakan bahwa Kepulauan Riau memiliki banyak potensi untuk meningkatkan perekonomian daerah, namun potensi tersebut harus mampu dikembangkan dengan baik.

"Untuk itu perlu forum diskusi bersama pihak-pihak terkait dalam menyatukan suara agar kita mampu mendorong peluang-peluang yang ada di Kepri dalam peningkatan perekonomiannya," kata Gusti.

Diskusi sendiri berisikan pemaparan dari pihak OJK dan BI membahas tentang kondisi ekonomi daerah, potensi Peningkatan ekonomi Kepri, strategi-strategi dan peluang yang bisa digunakan.

Editor: Udin