Tingkatkan Kreativitas Masyarakat

Karang Taruna Tanjung Unggat Usulkan Pembangunan Rumah Bakat
Oleh : Habibi
Rabu | 31-01-2018 | 13:38 WIB
musrembang-tpi1.jpg
Camat Bukit Bestari, Faisal memberikan sambutan dalam acara Musrembang Kecamatan di Kantor Camat Bukit Bestari, Dompak. (Foto: Habibi)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Para pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna di Kelurahan Tanjung Unggat mengikuti musyawarah rencana pembangunan (Musrembang) Kecamatan Bukit Bestari, Rabu (31/1/2018) di Kantor Kecamatan Bukit Bestari, Dompak, Tanjungpinang.

Melalui Musrembang tersebut, Karang Taruna meminta dibangunkan rumah bakat (sejenis balai latihan kerja atau BLK.red) guna meningkatkan kreativitas masyarakat dalam memperbaiki perekonomian keluarga.

Ketua Karang Taruna Kelurahan Tanjung Unggat, Rudy mengatakan bahwa saat ini masyarakat butuh ruang untuk meningkatkan kreativitas mereka. Selain karena minim ilmu, masyarakat juga mengalami kondisi yang pelik dalam perekonomian.

"Ini sangat urgent, karena pos-pos untuk mencari uang sudah sulit. Pendapatan nelayan semakin kecil, tempat mencari kerja untuk pemuda juga kurang, apalagi banyak yang putus sekolah, membuat kondisi semakin pelik. Makanya dengan adanya rumah bakat ini nantinya kita akan melatih dan mengembangkan apa yang bisa dibuat oleh masyarakat," kata Rudy.

Rudy merasa saat ini BLK yang telah dibangun oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau kurang berkembang. Pelatihan yang diberikan hanya dasar dan tanpa solusi pengembangan kedepan membuat banyak yang latihan juga akhirnya merasa buntu.

"Jadi rumah bakat ini sudah dikonsep untuk melatih, produksi, menjual dan memperoleh keuntungan. Jika pemerintah berbicara peningkatan UMKM, rumah bakat ini adalah sarana yang tepat untuk itu," kata Rudy.

Rudy berharap permintaan kecil dari masyarakat Tanjung Unggat ini menjadi perhatian dan dapat direalisasikan oleh Pemerintah Kota Tanjungpinang.

"Kita harapkan tidak hanya bangunan saja tapi peralatan dan kalau bisa bantuan modal untuk masyarakat dapat direalisasikan. Ada ribuan KK di Tanjung Unggat ini yang butuh perhatian pemerintah," kata Rudy.

Editor: Yudha