Fenomena Supermoon, BMKG Imbau Masyarakat Pesisir Waspadai Banjir Rob
Oleh : Ismail
Selasa | 30-01-2018 | 08:50 WIB
supermoon.jpg
Fenomena Supermoon (Sumber foto: zerotime.net)

BATAMTODAYM.COM, Tanjungpinang - Badan Meteorologi Klimatalogi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang mengimbau kepada masyarakat Kepri, khususnya yang berada di daerah pesisir pantai untuk waspada banjir rob (genangan air laut di daratan).

Prakirawan BMKG Kota Tanjungpinang, Bhakti Wira, menyebut fenomena Supermoon ini akan memperlihatkan bentuk bulan lebih besar 30 persen dari biasanya. Namun dampak yang patut diwaspadai adalah naiknya pasang air laut.

"Dampaknya akan terjadi pasang maximum sehingga masyarakat pesisir laut atau pantai diharapkan waspada karena dikhawatirkan air akan naik ke daratan atau sering disebut banjir rob," ungkapnya, Senin (29/1/2018).

Kendati demikian, lanjut Bhakti, fenomena supermoon ini akan terlihat indah dengan bentuk bulat dan besar. Menurutnya, fenomena tersebut dapat dilihat pada 30 Januari 2018 pukul 16.56 WIB, di mana bulan berada di perigee sejarak 358.993 km.

Sedangkan keesokan harinya, pada 31 Januari 2018 yakni pukul 20.26 WIB, bulan pun berada dalam puncak fase purnama.

"Kalau di Kepo, posisi melihat bisa di mana saja namun paling bagus adalah wilayah yang tinggi atau puncak, sehingga bulan akan terlihat jelas," ujar Bahkti.

Editor: Udin