Cuaca Ekstrim, Lantamal IV Siagakan KRI Distribusikan Bantuan ke Anambas
Oleh : Ismail
Selasa | 16-01-2018 | 08:14 WIB
danlantamal-4-tanjungpinang.jpg
Danlantamal IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI Ribut Eko Suyatno (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang akan mengerahkan kapal KRI untuk mengangkut bantuan yang akan didistribusikan ke korban bencana di Kecamatan Tambelan, Kabupaten Bintan dan Kecamatan Jemaja, Kabupaten Anambas.

Danlantamal IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI Ribut Eko Suyatno, menyampaikan saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan pihak Gugus Keamanan Laut Armada Barat (Guskamla Armabar) dan Gugus Tempur Laut Komando Armada RI Kawasan Barat (Guspurla Koarmabar) untuk menggunakan salah satu Kapal KRI dari pangkalan tersebut, untuk mendistribusikan bantuan ke daerah yang saat ini mengalami bencana.

"Sekarang saya sedang koordinasi gelar (KRI,red) mana yang tersedia. Mungkin dalam beberapa waktu sudah akan kita turunkan," ujarnya, saat ditemui di Kantor Gubernur Provinsi Kepri, Pulau Dompak, Senin (15/1/2018).

Lebih lanjut Eko menyampaikan, dengan kondisi cuaca perairan yang ekstrem saat ini, memang diperlukan Kapal KRI untuk mendistribusikan bantuan ke dua daerah tersebut. "Karena ini situasinya emergency, jadi kita akan kerahkan KRI," sebutnya.

Sementara itu, Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengakui, pihaknya pun merasa kesulitan untuk menyambangi korban bencana dan melihat kondisi wilayah tersebut. Hal tersebut, dikarenakan kondisi cuaca yang tidak memungkinkan, sejumlah transportasi baik laut maupun udara ke wilayah Anambas pun harus terhenti.

"Saya juga mau ke Anambas. Namun keadaan tidak memungkinkan, semua transportasi ke sana terhenti karena kondisi cuaca yang memburuk," ungkapnya.

Bahkan, untuk menyalurkan bantuan ke daerah itu nanti, pihaknya berkoordinasi dengan pihak TNI AL menggunakan armadanya.

"Kita koordinasikan bersama Danlantamal. Mereka juga akan melihat kondisi sesuai gelaran nanti," imbuhnya.

Editor: Udin