Pemprov Kepri Mulai Salurkan Bantuan ke Korban Bencana Alam Anambas-Tambelan
Oleh : Ismail
Senin | 15-01-2018 | 20:02 WIB
Nurdin-862017111.gif
Gubernur Kepri, Nurdin Basirun (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepri Nurdin Basirun menyampaikan, Pemerintah Provinsi Kepri akan berupaya semaksimal mungkin untuk membantu korban musibah bencana alam yang dialami masing-masing wilayah di Kepri.

Diakuinya, setelah mendapat kabar musibah yang di kedua wilayah, Anambas dan Tambelan, pihaknya langsung melakukan rapat sesama OPD dan instansi terkait lainnya guna membahas perihal pemberian bantuan kepada saudara yang membutuhkan.

"Kami mendadak rapat menggalang dana Rp250 juta. Bantuan tersebut akan secepatnya kami salurkan," katanya saat ditemui di Kantor Gubernur, kawasan Dompak, Senin (15/1/2018).

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk meringankan tangan, menyisihkan sedikit rezeki untuk memberikan bantuan yang kemudian disalurkan ke korban bencana.

Diakui Nurdin, dirinya pun saat ini juga berusaha mencari cara untuk menyambangi korban bencana dan melihat kondisi wilayah tersebut. Namun, dikarenakan kondisi cuaca yang tidak memungkinkan, sejumlah transportasi baik laut maupun udara ke wilayah Anambas harus terhenti.

"Saya juga mau ke Anambas. Namun keadaan tidak memungkinkan, semua transportasi ke sana terhenti karena kondisi cuaca yang memburuk," ungkapnya.

Bahkan, untuk menyalurkan bantuan ke daerah itu nanti, pihaknya berkoordinasi dengan pihak TNI AL menggunakan armadanya.

"Kita koordinasikan bersama Danlantamal. Mereka juga akan melihat kondisi sesuai gelaran nanti," imbuhnya.

Selain itu, Gubernur juga mengimbau, di tengah kondisi cuaca yang seperti ini agar masyarakat waspada terhadap semua aktivitas kelautan. Terlebih, pengguna transportasi laut.

"Pastikan berlayar siang saja. Secara visual ombak malam tidak bisa kelihatan. Jadi, waspadalah bagi masyarakat yang menggunakan transportasi laut," imbau Gubernur.

Editor: Udin