Kolam Renang Hanaria, Tempat Wisata Keluarga yang Ekonomis di Tanjungpinang
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 01-12-2017 | 15:38 WIB
Kolam-Hanaria1.gif
Kolam Renang Hanaria Tanjungpinang. (Foto: Eki Sandara)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Bosan dengan suasana wisata pantai dan panorama alam laut, berwisata ke kolam renang bisa menjadi salah satu solusi menyenangkan. Bagi warga Tanjungpinang, kawasan Wisata kolam renang Hanaria di KM 11 Tanjungpinang menjadi salah satu tujuan wisata keluarga di hari libur.

Selain tempatnya yang asri dan ditumbuhi rerimbunan pepohonan, kolam renang yang berdiri sejak 1986 ini menjadi tempat favorit bagi keluarga untuk bersantai, berenang dan menghabiskan waktu dengan berbagai jenis permainan.

Bagi pengunjung yang ingin berenang, di kawasan ini terdapat kolam renang anak-anak dan kolam renang dewasa. Selain tempatnya yang teduh air kolam renangnya yang bersumber dari mata air baku yang jernih dan bersih.

Selain berenang, disana juga tersedia permainan sepeda air atau melihat dan memberi makan ratusan ikan didalam kolam yang diatasnya terdapat pondok dan meja bangku untuk duduk bersantai.

Bila pengunjung merasa lapar setelah berenang ataupun bermain sepeda air, tidak perlu khawatir, karena ditempat ini, pengelola juga menyediakan bermacam jenis menu jajanan, mulai dari makan ringan seperti Otak-otak, Bakwan dan Empek-empek dan makanan See Food dan soup maupun Mie gorang.

Pengelola kolam Renang Hanaria Eng Huat atau sering dipanggil Anton kepada wartawan magang BATAMTODAY.COM mengatakan, bila pengunjung ingin lebih bersantai sambil menyantap makanan bersama keluarga, bisa duduk di pondok atas kolam sambil melihat ratusan ikan yang sedang berenang.

"Kami juga memelihara berbagai jenis binatang di Mini Zoo kolam renang ini, yang dapat dilihat pengunjung sambil berjalan mengitari taman dan pepohonan," ujar Anton.

Soal biaya masuk, Anton menambahkan pengunjung tidak dipungut, kecuali bagi yang ingin berenang, dikenakan biaya Rp 10 ribu per orang dan bila ingin bermain sepeda air dikenakan biaya Rp 6 ribu untuk 30 menit. Muat dua hingga tiga penumpang dalam satu kereta air.

"Di sini kami juga menyediakan wisma bagi pengunjung yang ingin bermalam sambil menikmati segarnya suasana pagi saat bangun," ujar Anton.

Kolam renang Hanaria, biasanya beroperasi dan menerima pengunjung mulai jam 08:00 WIB setiap hari, dan akan tutup pada pukul 18:30 WIB. "Biasanya pada hari libur atau Minggu, pengunjungnya akan ramai mulai dari pagi hingga sore," kata Anton lagi.

Ganjar, salah satu pengunjung, menghaku sering datang dan membawa keluarganya bersantai di kolam renang Hanaria. Ia juga mengatakan, selain tempatnya yang asri dan segar, kawasan kolam renang itu juga bersih dan murah meriah.

"Selain dekat dari rumah, tempatnya juga enak untuk santai bersama kelarga. Harapan saya kedepannya, sejumlah fasilitas bermain di sini dapat di renovasi lagi, hingga lokasinya lebih luas dan jalan tanah menuju ke sini dapat diperbaiki," ujarnya.

Bila anda penasaran dan ingin berkunjung serta mencoba indah dan keasrian kawasan wisata keluarga kolam renang Hanarial sangatlah mudah. Dengan menggunakan sepeda motor atau mobil anda tinggal menuju jalan raya arah Tanjung Uban dari Tanjungpinang.

Tepat di KM 11 sebuah plang Wisata kolam renang Hanaria akan terlihat dan anda tinggal berbelok ke kanan sekitar 100 meter maka anda akan menemukan kawasan kolam renang tersebut.

Penulis: Eki Sandara, Mahasiswa Magang UMRAH di BATAMTODAY.COM