Menpan-RB Belum Pastikan Penerimaan CPNS di Daerah 2018 Mendatang
Oleh : Ismail
Senin | 27-11-2017 | 10:41 WIB
asman.jpg
Menpan-RB, Asman Abnur. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kementrian Pendayagunaan, Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) belum bisa memastikan jadwal pembukaan CPNS untuk daerah pada tahun 2018 mendatang.

Diakui Menpan-RB, Asman Abnur, pihaknya memang sudah melakukan penyusunan rencana untuk pembukaan CPNS bagi daerah pada tahun 2018 mendatang. Namun, hingga kini belum ada kepastian penerimaan tersebut akan dilaksanakan atau tidak.

"Lagi kita planning, belum kita putuskan kapan dan berapa kuota yang akan dibuka," ujarnya usai membuka Raker DPW PAN Kepri di Hotel CK, Sabtu (25/11/2017) kemarin.

Namun, menunggu keputusan tersebut, 530 Kabuten/Kota dan 34 provinsi di Indonesia yang sudah mengusulkan formasi CPNS untuk tahun 2018 mendatang. Kendati dibuka, pihaknya masih tetap memprioritaskan terhadap tenaga kesehatan dan pendidikan.

"Semuanya akan kita prioritaskan. Tetapi, yang dibutuhkan yakni pendidikan dan kesehatan," kata Asman.

Ia juga menambahkan, proses penerimaan CPNS saat ini sudah merunut pada sistem yang transparan. Sehingga, tidak ada lagi permainan mata dengan pejabat yang berwenang.

Untuk itu, diharapkan pihak yang berminat agar bisa mempersiapkan dirinya. "Kita sudah menggunakan sistem CAT. Jadi, tidak ada lagi permainan," tegasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau berencana membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2018 mendatang. Pada seleksi tersebut, Pemprov Kepri akan memprioritaskan formasi tenaga guru dan kesehatan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri, TS.Arif Fadhillah mengatakan, sesuai dengan pernyataan Pemerintah Pusat, pada 2018 mendatang Kemenpan-RB akan membuka seleksi CPNS. Untuk memenuhi kekurangan SDM di Kepri, Pemerintah Provinsi juga mengajukan kuota.

"Kita sudah mengajukan kuota perekrutan CPNS ini. Terutama untuk kebutuhan guru dan tenaga medis, karena memang sangat dibutuhkan," katanya kepada wartawan di Kantor Gubernur Kepri, belum lama ini.

Editor: Gokli