Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diamankan dari MV Sunrise Glory

Panglima TNI Beri Apresiasi kepada Prajurit TNI Penangkap 1 Ton Sabu
Oleh : Irwan Hirzal
Minggu | 11-02-2018 | 18:00 WIB
PanglimaTNI_batam.jpg Honda-Batam
Panglima TNI Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memberikan penghargaan dan apresiasi kepada seluruh prajurit TNI AL di Batam (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memberikan penghargaan dan apresiasi kepada seluruh prajurit TNI AL di Batam lantaran berhasil menangkap Kapal MV Sunrise Glory yang membawa narkotika jenis Sabu sekira 1 ton.

Penghargaan yang dilakukan secara upacara militer itu diselenggarakan di Pangkalan Angkatan Laut Batam dengan memberikan secara simbolik. Upacara itupun berlangsung khidmat dan tertib.

Dalam sambutannya, Hadi mengucapkan terima kasih dan rasa bangganya kepada seluruh jajarannya di TNI AL. Pasalnya kata dia, sinergitas antara TNI, BNN, Polri dan Bea Cukai harus tetap berjalan ke depannya.

"Betapa bahwa sinergitas antara TNI, BNN, Polisi, Bea Cukai termasuk unsur lain harus dapatkan apresiasi," kata Hadi dalam sambutannya, Minggu (11/2/2018).

Hadi bangga karena seluruh prajurit Korps Militer masih tajam naluri bertempurnya. Oleh sebab itu, dia menekankan untuk terus bekerja dan memumpas semua kejahatan yang mampu mengancam kesatuan dan kedaulatan Indonesia.

"Komandan kapal memiliki naluri bertempur di laut baik, terus berkarya prajurit semua kalian jadi contoh untuk kita semua. Sekali lagi terima kasih dan selamat bertugas, perkaya baktimu untuk negeri ini," papar dia.

Sementara itu Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet), Kepala BNN Budi Waseso (Buwas) terlihat ikut dalam rombongan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang meninjau langsung penangkapan Kapal MV Sunrise Glory yang membawa narkotika jenis Sabu sekitar 1 ton.

Rombongan yang berangkat dari Jakarta melalui Landasan Udara (Lanud) Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur sekira pukul 08.00 WIB dan tiba di Bandara Hang Nadim Internasional Batam sekitar pukul 09.40 WIB.

Setibanya di Batam, mereka langsung disapa oleh pejabat setempat dan para awak media yang sudah menunggunya. Ketiga pimpinan lembaga negara itupun menyalami satu per satu para pejabat tersebut. Mereka langsung menuju Pangkalan Angkatan Laut Batam untuk langsung meninjau para prajurit TNI AL yang berhasil menangkap kapal yang membawa sabu 1 ton.

Penangkapan kapal bermuatan 1 ton sabu ini bermula saat KRI Sigurot-864 pada Rabu 7 Februari 2018 melaksanakan operasi pengamanan perbatasan RI-Singapura 2018 BKO Guskamlabar.

Penangkapan kapal bermuatan 1 ton ini bermula saat KRI Sigurot-864 pada hari Rabu 7 Februari 2018 sedang melaksanakan operasi pengamanan perbatasan RI-Singapore 2018 BKO Guskamlabar.

Pada saat itu berhasil menangkap MV Sunrise Glory di Perairan Selat Philips, pada koordinat 01.08.722 U/103.48.022 T karena melintas diluar Traffic Separation Scheme (TSS) masuk perairan Indonesia dengan mengibarkan bendera Singapura, sehingga pergerakannya mencurigakan.

Setelah ditangkap, petugas langsung melakukan pengecekan terhadap ABK Sunrise Glory oleh Tim WFQR Lantamal IV/Lanal Batam, BNN Pusat, BC Pusat dan BC Batam. Ternyata, aparat menemukan sabu seberat lebih 1 ton yang disimpan di dalam 41 karung beras dan disembunyikan di antara tumpukan palka kapal.

Editor: Surya