Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bupati Bintan Serahkan Seragam Sekolah Gratis di SDN 002 Kawal
Oleh : Harjo
Senin | 30-10-2017 | 14:38 WIB
Bupati-serahkan-seragam-SD1.gif Honda-Batam
Penyerahan seragam sekolah gratis di SD 002 Kawal, Kecamatan Gunung KIjang. (Foto: Istimew)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Bupati Bintan Apri Sujadi menyerahkan Bantuan Seragam Sekolah Gratis di SD Negeri 002 Kawal Kecamatan Gunung Kijang, Senin (30/10/2017) pagi.

Dalam kesempatan tersebut, Apri turut memperkenalkan motif batik Padi Mas yang menjadi corak khas pada seragam sekolah yang dibagikan. Dirinya juga kembali menegaskan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan berkomitmen untuk terus melanjutkan program ini setiap tahunnya.

"Program bantuan seragam sekolah ini akan kita selenggarakan setiap tahunnya," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Bintan, Ibu Deby Apri Sujadi yang turut hadir pada kegiatan tersebut mengatakan bahwa melalui seragam batik bercorak padi mas yang digunakan oleh anak-anak bertujuaan mencoba membangkitkan dan memperkenalkan kembali kepada masyarakat terkait motif batik khas di Bintan yakni padi mas.

"Kabupaten Bintan seyogianya memiliki corak batik khas secara turun temurun. Saat ini ada sekitar 20 motif batik padi mas. Untuk batik seragam sekolah ini kita mengenalkan corak batik padi mas beriring," ujarnya.

Diketahui, padi mas dikenal dalam sejarah Kerajaan Melayu Bentan di Kabupaten Bintan. Sejarah padi mas juga terdapat di sebagian bab awal Kitab Sejarah Melayu (Sulalatus Salatin). Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan sendiri melalui Dekranasda Kabupaten Bintan mencoba membangkitkan dan mengenalkan kembali motif tersebut kepada masyarakat.

Editor: Yudha