Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Indonesia di Posisi 100

Singapura Ranking-5, Negara Paling Bersih Sedunia
Oleh : Redaksi/Mg
Jum'at | 02-12-2011 | 12:30 WIB
10_Negara_Paling_Bersih.jpg Honda-Batam

Top10 Negara paling bersih versi Global Transparency. Foto:Global Transparency/batamtoday

SINGAPURA, batamtoday - Singapura menduduki posisi Kelima negara paling bersih Sedunia versi Global Transparency. Sementara itu, Indonesia berada di posisi Keseratus di bawah Malaysia dan Thailand. Demikian diumumkan laman resmi Global Transparency, Jum'at(02/11/2011).

Berdasarkan urutan negara paling bersih Sedunia, posisi puncak diduduki New Zealand, disusul Denmark, Finlandia, dan Swedia. Kemudian di posisi Kelima Singapura. Negara yang berbatasan lansung dengan Batam tersebut menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara yang berada di posisi 10 besar.

Global Transparency telah melakukan survey terkait penilaian negara paling bersih. Indikator yang digunakan meliputi, penegakan hukum anti-korupsi, akses terhadap informasi dan konflik kepentingan.

"Survey dilakukan secara terpisah sebanyak 17 kali, untuk melihat bagaimana pandangan publik terkait penyelenggaraan pemerintahan masing-masing negara," tulis Huguette Labelle, Ketua Global Transparency dalam pernyataanya. 

Untuk kawasan Asia Tenggara, Singapura berada diposisi tertinggi yakni ranking lima, sedangkan Malaysia berada di posisi  60 dan Thailand berada diposisi 80. Terakhir Indonesia berada di posisi 100.