Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KPU Tanjungpinang Sosialisasikan Pilkada ke SMKN 3
Oleh : Habibie Khasim
Sabtu | 28-10-2017 | 09:04 WIB
Ketua-KPU-TPI-sosialisasi-ke-SMKN-3.gif Honda-Batam
Ketua KPU Tanjungpinang, Robby Patria, memberikan pengarahan tentang simulasi Pemilihan Kepala Daerah (Foto: Habibie Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungpinang, Robby Patria, melakukan sosialisasi pilkada serentak ketiga di SMK Negeri 3 Tanjungpinang, Sabtu (28/10/2017).

Di hadapan 900 lebih siswa SMKN 3, Robby mengajak mereka menggunakan hak suara pada pilkada Tanjungpinang 27 Juni 2018 mendatang.

Hal itu disampaikan pada saat ia diminta menjadi pendamping proses pemilihan Ketua OSIS SMKN3 kemarin, yang dihadiri ratusan siswa SMKN 3.

Menurut Robby, proses pemilihan Ketua OSIS yang sedang dilakoni oleh siswa hampir mirip dengan proses pemilihan kepala daerah yang sebentar lagi dilalukan KPU Tanjungpinang.

Persamaannya ada calon, ada pemilih, ada logistik, ada pengawas pemilihan, ada tempat pemungutan suara dan lain sebagainya.

Yang membedakan, jumlah pemilih Wali Kota, warga Tanjungpinang yang sudah berumur 17 tahun. Sedangkan pemilih Ketua OSIS adalah mereka yang menjadi siswa SMKN 3.

"Dengan mempelajari proses pemilihan yang demokratis, maka nilai-nilai demokrasi sudah tertanam di dalam sanubari pelajar bahwa demokrasi adalah Sistem terbaik untuk melakukan proses pemilihan kepala daerah termasuk pemilihan Osis," ujarnya.

Robby mengajak siswa yang berusia 17 tahun untuk merekamkan diri ke Disdukcapil Tanjungpinang agar mereka bisa dimasukkan ke dalam daftar pemilih nantinya. Karena satu suara menurut dia, sangat berharga.

"Layaknya pesta, maka Pilkada Tanjungpinang ke depan juga harus bahagia.Tidak ada hantu-hantu fitnah, ujaran kebencian terjadi di tengah masyarakat yang bisa memicu perpecahan sosial," tuturnya.

Setelah memberikan arahan, Robby memberikan contoh bagainana menata tempat pemungutan suara layaknya TPS pada pilkada dan pemilu. Dengan menggunakan mikropon, panitia pemilihan osis memanggil seluruh warga dan mereka memasuki area TPS dengan kegembiraan.

Rudy Harnata, guru SMKN 3 mengucapkan terima kasih kepada KPU yang sudah meminjamkan kotak suara dan bilik suara agar proses pemilihan berjalan dengan baik.

"Terutama kepada Ketua KPU Tanjungpinang yang turun langsung memantau proses pemilihan," kata Rudy.

Editor: Udin