Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polres Karimun Gelar Sosialisasi Pencegahan Pungli
Oleh : Wandy
Selasa | 24-10-2017 | 20:02 WIB
wakapolres.gif Honda-Batam
Wakapolres Karimun, Kompol I Gede Ngurah Joni Mahardika (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Polisi Sektor wilayah hukum Kundur menggelar sosialisasi pemberantasan pungutan liar terhadap pelaksanaan pelayanan publik dan masyarakat dan dilaksanakan di Balai Sri Gading, Kelurahan Tanjungbatu Kota, Kecamatan Kundur, Kabupaten Karimun, Selasa (24/10/2017).

Wakapolres Karimun, Kompol I Gede Ngurah Joni Mahardika, mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan agar para pelayan publik dapat memberikan pelayanan secara optimal dan mencegah terjadinya pungutan liar di setiap desa dan setiap pelayanan publik.

"Kita lakukan kegiatan tersebut bertujuan agar para pelayan publik dapat memberikan pelayana secara optimal dan cegah terjadinya pungutan liar," kata I Gede saat ditemui di ruangannya, Selasa (24/10/2017)

Dia juga mengatakan, pihaknya juga memberikan informasi kepada rekan-rekan dan Wakil Bupati Karimun tentang Mou yang sudah dibuat.

"Kita juga menginformasikan kepada rekan-rekan terutama kepada Bupati Karimun yang diwakili oleh Wakil Bupati Karimun tentang Mou yang sudah dibuat oleh Bapak Kapolri kepada Mendagri tentang pengawasan pengelolaan Dana Desa, agar dana yang selama ini jumlahnya besar di beberapa desa rata-rata mencapai ratusan juta hingga miliaran agar terkontrol dalam pengelolaannya," katanya.



Lalu hasil Mou tersebut agar Bhabinkamtibmas yang ada di setiap Polsek-Polsek di beberapa kecamatan untuk ikut mendampingi Kepala Desa agar tidak terjadi penyimpangan terhadap Dana Desa dan dapat digunakan secara optimal.

"Dengan adanya pendamping bagi setiap desa-desa yang ada di kecamatan di Pulau Karimun ini dapat memahami cara mempertanggungjawabkan dan mencegah agat tidak salah dalam penggunaannya, karena apabila tidak diberikan pemahaman, takutnya ada beberapa Kades yang paham dan tidak paham dan takutnya nanti ketika mereka menerima dana besar mereka malah menilap uang tersebut, dan itu yang tidak kita inginkan," ujar Wakapolres Karimun, Kompol I Gede Ngurah Joni Mahardika.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri Wakil Bupati Karimun, Kabag Sumda Polres Karimun, Kasat Binmas Polres Karimun, Kasat Sabhara Polres Karimun, Kapolsek Kundur, KBO sat Intelkam Polres Karimun, Perwakilan Kejaksaan Tanjungbatu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kab Karimun, Kepala Inspektorat Kab Karimun, Camat Kundur, Camat Kundur Barat, Camat Kundur Utara, Camat Durai, Camat Moro, Camat Belat dan Camat Ungar, Kepala Instansi se Pulau Kundur, Ungar dan Belat, Pelaksana Pelayanan Publik dan Masyarakat Pulau Kundur, Moro, Durai, Belat dan Ungar, Uspika Kec. Kundur, Lurah/ Kades sepulau Kundur, dan Tokoh masyarakat.

Editor: Udin