Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri, Berbagi Ilmu di Batam
Oleh : Yosri Nofriadi
Selasa | 24-10-2017 | 09:38 WIB
pelatih-U-19.gif Honda-Batam
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, berbagi ilmu dalam acara Coaching Clinic dan Bedah Buku di Auditorium Kampus Unrika Batam, Senin (23/10/2017) (Foto: Yosri Nofriadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, berbagi ilmu dalam acara Coaching Clinic dan Bedah Buku di Auditorium Kampus Unrika Batam, Senin (23/10/2017). Dalam acara tersebut dihadiri oleh para pelatih Sekolah Sepak Bola (SSB) dan guru olahraga di Kepulauan Riau.

Dalam acara itu, Indra Sjafri memberikan pengertian dan pelatihan mengenai filosofi sepak bola dan karakteristik pemain muda. Selain itu, Indra Sjafri membagikan buku berjudul "Panduan Kepelatihan Sepak Bola Anak" kepada guru olahraga dan pelatih sepakbola yang hadir dalam acara tersebut.

Dalam arahannya, Indra Sjafri mengingatkan bahwa sepak bola itu tidak hanya mengenai menang atau kalah saja, tetapi di dalamnya juga terkandung banyak nilai yang harus ditanamkan kepada para pemain, antara lain kejujuran, persatuan, agama dan lain-lain. Semua nilai itu harus ditanamkan kepada para pemain yang dimulai dari keteladanan para pelatihnya.



"Saat ini banyak berdiri SSB maupun club-club tapi polanya salah, sebab mereka dimotivasi untuk menang, seharusnya bukan begitu. Harus diberikan motivasi agar mereka happy dan enjoy dalam bermain," ungkap pelatih yang berhasil mengantarkan Timnas Indonesia U-19 juara 3 Piala AFF U-19 tahun 2017 tersebut.

Pembenahan persepakbolaan di tanah Indonesia, kata Indra, harus dimulai sejak usia dini (6-12 tahun), sehingga akan terekam jejak-jejak pemain nasional itu sejak awal, di samping itu segala perilaku dan kebiasaan baik dari pemain akan terbina sejak awal.

"Dari usia dini kita akan bisa melahirkan dan mencetak pesepakbola-pesepakbola andal,” ujar pria asal Padang tersebut.



Dengan acara Coaching Clinic dan bedah buku tersebut, Indra berharap, akan menjadi salah satu referensi atau pedoman dalam pelatihan usia muda bagi para pelatih dan guru-guru sepakbola yang ada di Batam.

"Melalui acara ini akan lahir pelatih-pelatih dan pemain sepak bola andal di Batam," ujar Indra.

Editor: Udin