Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tumbuh Kembangkan Semangat Pancasila, KDN Kepri Gelar Diskusi di Bintan
Oleh : Syajarul Rusydy
Sabtu | 21-10-2017 | 12:02 WIB
KDN.jpg Honda-Batam
Kelompok Diskusi Nusantara (KDN) menggelar diskusi dengan mengangkat tema peran Pancasila dalam pembangunan daerah, di Gedung Lembaga Adat Melaya (LAM) Bintan, Kecamatan Bintan Timur, Sabtu (21/10/2017). (Foto: Syajarul Rusydy)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Membangkitkan jiwa Pancasila terhadap genearsi bangsa khusunya di Kepri, Kelompok Diskusi Nusantara (KDN) menggelar diskusi dengan mengangkat tema peran Pancasila dalam pembangunan daerah, di Gedung Lembaga Adat Melaya (LAM) Bintan, Kecamatan Bintan Timur, Sabtu (21/10/2017).

Ketua KDN Kepri, Bili Jennawi mengatakan dalam diskusi kali ini, pihaknya mengangkat tema 'Peran Pancasila serta Kepemudaan'. Mengingat pada tangga 28 Oktober adalah hari Sumpah Pemuda, jadi tema kali ini mewakili dua moment tersebut.

"Temanya Peran Pancasila Dalam Era Pembangunan, karena momentnya juga hari Kesaktian Pancasila dan juga pada tanggal 28 oktober ini akan memperingati hari Sumpah Pemuda. Maka kita pilih tema tersebut untuk mewakili dua moment sekaligus," kata Bili.

Saat ini, menurut KDN Kepri nilai-nilai Pancasila di jiwa pemuda sudah berkurang, padahal pemuda sendiri punya peran penting dalam proses pembangunan.

"Dari hasil diskusi dan juga pemaparan nara sumber yang hadir, menggap nilai Pancasila sudah agak berkurang terhada pemuda-pemuda. Padahal mereka juga memiliki peran penting dalam pembangunan," ujar Bili.

Dengan adanya diskusi ini, Bili ingin menumbuh kembangkan lagi semangat Pancasila terhadap generasi bangsa. Jadi tidak hanya sekedar paham akan Pancasila, namun bagaimana mengamalkan nilai nilai Pancasila itu.

"Salah satu contoh nilai Pancasila itu berkurang, seperti kejujuran. Kalau orang pintar banyak, tetapi nilai kejujuran itu sangat mahal. Berapa banyak pemimpin-pemimpin kita yang berurusan dengan KPK, nah dengan diskusi ini kita harap dapat menjujung tinggi nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila," harap Bili.

Editor: Gokli