Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kepala Bappeda Tanjungpinang Klaim RPJMD Lis-Syahrul Capai 83 Persen
Oleh : Habibi
Jum\'at | 20-10-2017 | 16:02 WIB
Surjadi0111.gif Honda-Batam
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kota Tanjungpinang, Surjadi. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kota Tanjungpinang, Surjadi mengklaim Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJDM) selama pemerintahan Lis-Syahrul mencapai 83 persen.

"Capaian tersebut realnya sebesar 83 persen seperti yang disampaikan pak Wali Kota," kata Surjadi, Jumat (20/10/2017).

Surjadi menjelaskan, Bapedda juga menghitung capai RPJMD tersebut dengan menggandeng pihak Universitas Diponegoro (Undip) untuk melakukan penghitungan persentase RPJMD yang juga telah diatur dalam Perda RPJMD.

"Jadi kita bekerjasama dengan Undip. Jadi secara global semua kegiatan yang masuk dalam RPJMD tidak ada yang tidak terlaksana. Dan setelah diakumulasikan memang capaian selama lima tahun ini 83 persen," ujarnya.

Mantan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Tanjungpinang tersebut menambahkan, capaian tersebut merupakan bentuk akumulasi dari setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan masing-masing sektor yang masuk dalam program RPJMD.

"Jadi ada sektor yang mungkin capaiaannya baru sedikit, dan ada sektor prioritas yang capaiaannya tinggi. Itu nanti diakumulasikan dengan rumus yang telah ditentukan. Penghitungan itu pakai rumus, dan akhirnya didapatkan jumlah globalnya yaitu 83 persen," terang Surjadi.

Dia mengatakan, hingga akhir tahun capai tersebut akan bertambah hingga 87 persen. Itu dikarenakan masih ada beberapa kegiatan setiap OPD yang belum masuk dalam audit.

Editor: Yudha