Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Anggun Wakili Prancis di Kontes Lagu Bergengsi Eropa
Oleh : Dodo/RollingStone
Rabu | 30-11-2011 | 12:43 WIB

JAKARTA, batamtoday - Penyanyi dan pencipta lagu asal Indonesia yang kini menjadi warganegara Prancis, Anggun, telah dipastikan mewakili negara tersebut dalam kontes lagu paling bergengsi di Eropa, Eurovision yang akan digelar pada 26 Mei 2012 di Baku, Azerbaijan.

“Ini merupakan sebuah kehormatan besar. Saya mungkin melambangkan Prancis hari ini, yang terbentuk dan terdiri dari beragam budaya. Negara Anda telah memberikan saya sebuah bahasa dan identitas yang indah,” ujar Anggun kepada surat kabar terbesar di Prancis, Le Parisien pada Selasa (29/11) kemarin.

Ia melanjutkan, “Saya tinggal di Paris. Saya menikah dengan seorang pria Prancis dan anak perempuan saya, Kirana, adalah orang Prancis yang memakan nasi dan keju.”

RollingStone menyebutkan Eurovision Song Contest ini adalah sebuah kompetisi lagu pop tahunan yang digelar di antara negara-negara yang aktif sebagai anggota European Broadcasting Union (EBU). Setiap negara mendaftarkan sebuah lagu yang akan ditampilkan di televisi secara live oleh grup atau musisi yang telah dipilih dan lalu melakukan pemungutan suara guna menentukan lagu paling populer dalam kompetisi tersebut.

Kontes lagu populer ini selalu disiarkan secara meluas sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 1956 dan merupakan salah satu program televisi paling lama bertahan di seluruh dunia. Dengan jumlah penonton yang berada di antara 100 hingga 600 juta penonton, Eurovision Song Contest juga merupakan salah satu acara non-olahraga yang paling banyak ditonton di seluruh dunia.

Beberapa nama yang telah menjadi pemenang Eurovision Song Contest di antaranya adalah ABBA yang mewakili Swedia pada 1974 dengan lagu “Waterloo” dan Celine Dion yang mewakili Swiss pada 1988 dengan lagu “Ne partez pas sans moi.”

Negara yang menduduki posisi paling atas dan langganan menjadi juara adalah Irlandia (tujuh kali juara), disusul Prancis, Luksemburg, dan Inggris Raya yang ketiganya telah menjadi juara sebanyak lima kali.

Hingga berita ini diturunkan, masih belum diketahui lagu apa yang akan Anggun nyanyikan di tahun depan, yang pasti publik Prancis berharap penyanyi bernama panjang Anggun Cipta Sasmi tersebut dapat memberikan kemenangan bagi negaranya di Eurovision Song Contest setelah 34 tahun berpuasa.

Prancis terakhir kali memenangkan konser tersebut pada tahun 1977 melalui lagu “L’Oiseau et L’Enfant” yang dinyanyikan Marie Myriam.