Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gelombang Capai 2 Meter Lebih

BMKG Himbau Pengguna Transportasi Laut Gunakan Jaket Keselamatan
Oleh : Ali/Dodo
Selasa | 29-11-2011 | 17:15 WIB
agus-lacuda.gif Honda-Batam

Agus Lacuda, Kasi Data dan Informasi BMKG Hang Nadim Batam.

BATAM, batamtoday - Letak geografis Batam yang berdekatan dengan Laut China Selatan membuat perputaran angin selalu tidak terarah, sehingga Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam menghimbau kepada pengguna transportasi laut agar menggunakan jaket keselamatan (life jacket).

"Sampai dengan Januari 2012 mendatang, gelombang di Perairan Kepri khususnya Batam, Tanjungpinang dan Karimun mengalami peningkatan, dari satu meter hingga saat ini naik setingkat menjadi dua meter. Diharapkan pengguna jalur laut selalu waspada menggunakan life jacket," ujar Agus Lacuda, Kasi Data dan Informasi BMKG Hang Nadim Batam kepada wartawan, Selasa (29/11/11).

Tingginya gelombang ini akan muncul pada saat tertentu, lanjutnya, nantinya akan mencapai hingga 2 sampai 2,5 meter.

"Bahkan minggu lalu tinggi ombak di lokasi ini mencapai hingga tiga meter, beberapa hari ini telah mereda kembali, tetapi perkiraan kita dari melalui mesin pemantau bisa kembali lagi ombak yang tinggi," katanya.

Agus menjelaskan terjadinya gelombang dikarenakan Batam saat ini mengalami masa peralihan angin utara. Sehingga kenaikan udara ke permukaan masih rendah yang menyebabkan angin barat datang.

"Sehingga, pertumbuhan angin menyebabkan terjadinya pertumbuhan pada awan sibi yang rentan menyebabkan terjadinya petir yang menggelegar," terangnya.

Sehingga, untuk Januari 2012 Batam dan sekitarnya juga masih diprediksikan mengalami hujan namun tidak merata dan hanya sebagian wilayah saja.