Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapolsek Bintim Kenalkan Bhabinkamtibmas ke Warga Kijang Kota
Oleh : Syajarul Rusydy
Jumat | 06-10-2017 | 11:50 WIB
Kapolsek-Bintim-dan-perangkat-RT-RW.jpg Honda-Batam
Kapolsek Bintan Timur memberikan kotak pengaduan kepada perangkat RT/RW secara simbolis. (Foto: Syajarul Rusydy)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Kapolsek Bintan Timur (Bintim), AKP Abdul Rahman memperkenalkan Bahbinkamtipmas Kijang Kota dalam acara tatap muka bersama ketua RT/RW se-Kelurahan Kijang Kota dalam rangka membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap Kamtibmas.

"Pada kesempatan ini, saya akan memperkenalkan Bhabinkamtibmas yang baru, untuk wilayah Kijang Kota. Sekaligus akan menerangkan funsi dan porsinya dalam menjaga keaman," beber Rahman di Aula Kantor Lurah Kijang Kota, Jumat (6/10/2017).

Bhabinkamtibmas itu, kata Rahaman adalah ujung tombak atau perpanjang tangan Mapolsek Bintim, karena Bhabin adalah Polisi yang diturunkan langsung ketengah tengah masyarakat untuk menciptakan keamanan yang aman dan kondusif.

"Jadi Bhabin ini adalah perpanjang kami di tengah masyarakat, apabila ada warga yang terkena masalah, bisa langsung melaporkan ke Bhabin yang menjaga wilayah yang bersangkutan," ujar Rahman.

Menurut, Rahman tidak semua masalah harus diselesaikan melalui jalur hukum. Jika masih bisa diselesaikan secara kekeluragaan kenapa tidak.

"Jadi tidak semua masalah harus diselesaikan melalui jalur hukum, kecuali masalah tersebut menyangkut kasus-kasus yang berat. Seperti pembuhan, perampokan dan yang berat lainya," kata Rahman.

Untuk itu, Rahman mengharapkan juga peran aktif dari perangkat RT/RW agar selalu bertukar infornasi dan komunikasi terhadap Bhabin yang berada di wilayah masing-masing. Tujuannya agar wilayah Kijang Kota selalu aman dan kondusif.

"Jadi Pak RT dan Pak RW jangan segan-segan menyanpaikan hal-hal yang mencurigakan, yang berdampak menggangu ketertiban lingkungan. Karena kita sangat butuh kerja sama dengan masyarakat," ajaknya.

Bhabinkamtibmas Kijang Kota, Brigadir Teddy Saputra menyampaikan kesiapannya dalam menjalakan tugasnya sebagai Bhabin di wilayah Kelurahan Kijang Kota. Untuk itu ia juga meminta kerja sama RT/RW dalam memberikan informasi yang menyangkut keaman lingkungan.

"Untuk Jumlah RT85 dan RW25, dengan jumlah yang banyak ini saya harapa sebagai perpanjang tangan pemerintah dalam menjalani permasalahan di wilayah masing-masing, untuk itu saya sangat berharap kerjasamanya dalam informasi dan komiskasi harus aktif terjalin," harap Tedy.

Lurah Kijang Kota, Antom Hatta Wijaya sangat berterimakasih kepada Kapolsek Bintim yang sudah mau meluangkan waktunya, dalam rangka memperkenalkan Bhabinkamtibmas yang baru untuk di wilaya Kijang Kota.

"Saya sangat mengucapkan terimaksih sebelumnya kepada bapak Kapolsek, ini merupakan pertama kalinya Kapolsek meperkenalkan Bhabinya kepada masyarakat," ujar Anton.

Dengan seperti ini, kata Anton masyarakat bisa tahu langsun peran dan fungsi Bhabinkamtibmas. Jadi masyarakat tidak segan-segan lagi dalam melaporkan atau aduan yang menyangkut keamana lingkungan masing masing.

"Kita sudah mendengarkan langsung fungsi dan peran Bhabin di wilayah kita, jadi apabila terjadi masalah bisa langsung disampaikan kepada Bhabinkamtibmasnya," tutur Anton.

Mewakili RT/RW, Supadi mengharapkan dengan kehadiran Bhabinkamtibmas yang baru, dapat lebih aktif lagi terhadap kegiatan-kegiatan masyarakat. Agar bisa lebih meningkatkan keamanan dilingkungan.

"Harapan kami Bhabin yang baru dapat meningkatkan keamanan di wiyah kita, serta bisa lebih dekat lagi kepada masyarakat," kata Supadi.

Editor: Gokli