Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Apri Berharap Program Desa Selaras dengan Program Pemerintah Daerah
Oleh : Harjo
Kamis | 05-10-2017 | 14:38 WIB
Apri-BUMDes1.gif Honda-Batam
Bupati Bintan Apri Sujadi (Kiri). (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bintan, diharapkan dapat mengevaluasi program-program desa sebagai prioritas guna menyelaraskan dengan program pemerintah daerah.

 

Evaluasi program desa dimaksudkan agar dapat mengidentifikasi serta bisa mengukur pencapaian dari setiap program desa tersebut.

"Kita inginkan agar setiap keberhasilan suatu program di desa, haruslah diukur dan diidentifikasi melalui rapat evaluasi yang dilakukan secara periodik. Agar setiap programnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat," ujar Bupati Bintan Apri, Kamis (5/10/2017).

Sementara itu, Kepala DPMD Kabupaten Bintan Ronny Kartika mengatakan, beberapa kegiatan dan rancangan sudah dibuat terkait pembinaan aparatur perangkat desa sekaligus penyelarasan program pembangunan di pedesaan dengan merujuk RPMJ Kabupaten.

Untuk itu, anggaran sebanyak Rp12 miliar melalui alokasi dana desa yang diperuntukkan bagi 36 desa di APBDes P Tahun 2017 ini akan dimaksimalkan melalui program-program yang bisa dirasakan manfaatnya langsung oleh masyarakat.

"Kita akan koordinasikan bersama perangkat desa agar dapat memanfaatkannya secara maksimal melalui program pemberdayaan ekonomi masyarakat, salah satunya melalui pengembangan BUMDes dan peningkatan kapasitas aparatur," ujarnya.

Menurutnya, saat ini Kabupaten Bintan telah memiliki sekitar 28 BUMDes. Nantinya melalui Program BUMDes lah, pencapaian program-program desa tersebut akan dicapai.

Editor: Yudha