Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Besok, KPU Lingga Umumkan Syarat Pendaftaran Verifikasi Parpol Baru
Oleh : Nur Jali
Minggu | 01-10-2017 | 10:00 WIB
kantor_KPU_lingga.gif Honda-Batam
Gedung KPU Kabupaten Lingga (Foto: Dok BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lingga dua hari lagi akan mengumumkan persyaratan pendaftaran partai politik di tingkat Kabupaten Lingga sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (Per KPU) Nomor 7 tahun 2017 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2019.

"Pengumuman tersebut akan kami sampaikan pada tanggal 1 Oktober 2017 nanti, atau dua hari lagi," kata Effendi, Komisioner KPU Kabupaten Lingga kepada BATAMTODAY, Sabtu (30/9/2017).

Persyaratan pendaftaran partai politik untuk tingkat Kabupaten menyesuaikan dengan lampiran peraturan KPU Nomor 7 tahun 2017. Dengan ketentuan mencocokan persyataratan administrasi dari KPU pusat dengan data partai politik di tingkat Kabupaten/Kota. "Salah satunya adalah daftar anggota partai politik," jelasnya.

Penerimaan berkas administrasi pendaftaran partai politik ini, akan dilaksanakan pada tanggal 3 Oktober 2017 bertempat di Kantor KPU Kabupaten lingga, sampai dengan tanggal 16 Oktober 2017.

Nantinya akan ada dokumen formulir Lampiran Model F2-Parpol, yang dibuat dalam bentuk Hard Copy dan Soft Copy. " Kami akan mencocokan dengan data di pusat," sebutnya.

Pendaftaran Partai Politik ini dikhususkan bagi partai yang baru mendaftar sebagai peserta Pemilu 2019, sementara partai yang sudah mendaftar pada pemilu 2014 yang lalu tidak lagi mendaftar pada verifikasi parpol tahun 2017 ini.

Berdasarkan data yang diterima Antara Kepri melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Lingga, saat ini ada empat partai politik yang sudah menyampaikan keberadaannya di Kabupaten Lingga, antara lain Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Islam Damai Aman (Idaman) dan Partai Beringin Karya (Berkarya).

Dilain tempat Sekretaris Partai Perindo Kabupaten Lingga Misranto mengungkapkan saat ini partainya akan melakukan perdaftaran pertama, karna persiapan verifikasi Perindo Kabupaten Lingga sudah dilakukan jauh-jauh hari. Dan berbagai persiapan salah satunya dengan mengadakan rapat internal di tingkat Kecamatan demi memantapkan data anggota dan kantor.

"Kita juga gencar melakukan konsolidasi ditingkat, DPC sampai Dewan Pimpinan Anak Ranting (DPART), untuk persiapan memastikan partai Perindo lolos verifikasi," ujar Misranto.

Editor: Surya