Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rangkaian dari TMMD ke-100

Kodim 0316/Batam Adakan Pengobatan Gratis di Galang, Warga Mengaku Terbantu
Oleh : Romi Chandra
Kamis | 28-09-2017 | 09:02 WIB
pengobatan-gratis1.jpg Honda-Batam
Tiase (kerudung orange), bersama warga lainnya bercengkrama dengan seorang anggota TNI sambil menunggu obat. (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebagai masyarakat yang tinggal di pelosok atau di daerah hinterland, Kecamatan Galang sangat minim sarana dan prasarana, seperti layanan kesehatan.

Hal itu membuat masyarakatnya kesulitan untuk memeriksa kesehatan. Meski ada puskesmas, namun masih mengalamai minim tenaga medis.

Hal itu diakui warga saat mendatangi posko pengobatan gratis yang didirikan di Lapangan Bola Kaki Sembulang, Kecamatan Galang, dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 100 Kodim 0316/Batam.

"Kami yang tinggal jauh dari kota ini, serba mengalami kekurangan, baik dari penghasilan maupun layanan kesehatan," ungkap salah satu warga, Tiase, saat berobat di posko kesehatan TMMD, Rabu (27/9/2017).

Perempuan yang sudah berusia 57 tahun tersebut, merasa sangat senang dengan adanya pengobatan gratis yang dilakukan dalam TMMD tersebut. Bahkan, ia sengaja meninggalkan pekerjaan agar bisa datang untuk berobat.

"Ya kami sangat senagan adanya pengobatan gratis ini. Walau ada pekerjaan, kami tinggal dulu. Kalau saya punya penyakit tua, asam urat dan bagan sering pegal-pegal," akunya.

Dilanjutkan, selama ini ia serta warga lain mengalami kesulitan untuk berobat. Puskesmas yang ada di wilayah tersebut juga mengalami kekurangan tenaga medis. Di samping itu, untuk beribat secara rutin, ia mengaku juga terkendala oleh biaya dan transportasi.

"Penghasilan kami di sini kalau tidak dari hasil laut, adalah berkebun. Kadang hanya cukup untuk memnuhi kebutuhan sehari-hari, dan tidak bisa berobat," keluhnya.

Menurutnya, kegiatan TMMD tersebut sangat membantu masyarakat. "Kalau bisa sering-sering dilakukan kegiatan ini, agar kami juga bisa hidup sehat. Kalau berobat ke kota, jarak yang ditempuh juga cukup jauh. Belum lagi biaya yang harus dikeluarkan," tambahnya.

Editor: Gokli