Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Susun Program, Tim Saber Pungli Lingga Gelar Rapat Tertutup
Oleh : Nur Jali
Rabu | 27-09-2017 | 16:50 WIB
Rapat-tertututp-saber-pungli-Lingga.gif Honda-Batam
Tim saber pungli Kabupaten Lingga menggelar pertemuan tertutup di salah satu hotel di Dabosingkep (Foto: Nur Jali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Tim saber pungli Kabupaten Lingga menggelar pertemuan tertutup di salah satu hotel di Dabosingkep. Pertemuan tersebut dipimpin langsung oleh ketua tim saber pungli yang juga Wakapolres Lingga, Kompol Ikhsan B Syahroni dan Kasintel Kejari Lingga, Evan Apturedi.

Ketua tim saber pungli Kabupaten Lingga, Komisaris Polisi Ikhsan B Syahroni ini mengatakan bahwa dalam rapat tersebut dibicarakan beberapa hal. Salah satunya tentang program tim saber pungli ke depannya, yakni strategi kerja dari tim saber pungli yang akan memprioritaskan pencegahan dengan jalan gencar menggelar sosialisasi.

"Kita memiliki tugas pencegahan dan penindakan pungli, namun ke depan kita akan fokuskan pada pencegahan dulu," sebutnya.

Adapun sasaran untuk melakukan sosialisasi pencegahan terhadap bahaya laten pungutan liar (pungli) ini adalah dengan melakukannya di tingkat terbawah, mulaidari masyarakat, anak-anak sekolah, unsur pimpinan di desa dan para Organisasi Perangkat Daerah lainnya yang ada di Kabupaten Lingga.

"Lingkup prioritas sosialisasi kita mulai dari anak-anak sekolah, masyarakat desa dan OPD serta lembaga lainnya," sebutnya.

Ketua tim saber pungli yang juga menjabat sebagai Wakapolres Lingga itu mengimbau kepada instansi-instansi yang melakukan pelayanan langsung kepada masyarakat, agar tidak melakukan pungutan-pungutan di luar aturan yang telah ditentukan.

"Jadi kita berharap, agar lembaga maupun instansi pemerintah, jangan ada yang melakukan pungutan di luar aturan, karena hal itu sangat merugikan masyarakat," sebutnya.

Sampai hari ini menurutnya belum ada informasi dari data intelijen, baik di tim saber pungli, kepolisian maupun kejaksaan sendiri yang mendapati adanya pungutan liar tersebut. Namun bukan berarti ke depan hal ini tidak terjadi, sehingga tim saber pungli akan terus melakukan pemantauan.

Editor: Udin