Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pancasila Merupakan Wujud Kasih sayang Sesama Rakyat
Oleh : Irawan
Minggu | 24-09-2017 | 11:31 WIB
OsO.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ketua DPD RI yang juga Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang

BATAMTODAY.COM, Padang - Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta Odang mengatakan setiap butir yang terdapat dalam Pancasila merupakan wujud kasih sayang sesama rakyat Indonesia.

Hal tersebut disampaikannya dalam sambutan pada sosialisasi empat pilar kebangsaan di Universitas Islam Negeri Imam Bonjol (UIN IB) Padang Sumatera Barat, Sabtu.

"Semuanya sudah ada pada Pancasila, jadi tidak usah ragu lagi dengan keberadaan Pancasila sebagai ideologi negara," katanya.

Lebih lanjut dijelaskan apabila setiap sila diurai maka akan terlihat bahwa segala sesuatu itu dimulai dari cinta dan kebersamaan.

Untuk mencapai persatuan maupun keadilan, harus ada cinta dan kasih sayang sesama rakyat Indonesia untuk mewujudkannya.

Melalui sosialisasi tersebut, kata Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, para mahasiswa dapat meresapi, kemudian membangun bangsa.

Menurut dia, agar tidak mudah terpecah belah, generasi muda harus mengenali dan memahami apa itu NKRI.

Semangat persatuan dan kesatuan adalah identitas bangsa. Hal tersebut harus tetap dipertahankan sebagai bangsa Indonesia.

"Ke depannya seluruh generasi muda hendaknya menjadi generasi yang berbakti dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ujarnya.

Sementara itu, Rektor UIN IB Dr. Eka Putra Wirman mengatakan bahwa saat ini seluruh mahasiswa harus tetap mempererat hubungan silaturahmi untuk menjaga semangat kebhinekaan.

"Dengan membangun semangat kebinekaan, ke depannya generasi muda yang ada saat ini akan dapat membangun bangsa," katanya.

Editor: Surya