Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kalahkan Sassuolo 3-1, Juventus Geser Inter di Puncak
Oleh : Redaksi
Senin | 18-09-2017 | 08:38 WIB
paulo-dybala-usai-melesakkan-gol-.jpg Honda-Batam
Paulo Dybala usai melesakkan gol ke gawang Sassuolo. (Foto: Epa)

BATAMTODAY.COM, Sassuoulo - Juventus melanjutkan tren positif mereka di Serie A Italia. Tim berjuluk Nyonya Tua ini berhasil meraih poin penuh kala bertandang ke markas Sassuolo di Stadio Citta del Tricolore pada laga lanjutan Serie A, Ahad (17/9) sore WIB. Nyonya Tua menggasak Sassuolo dengan skor 3-1.

Paulo Dybala menjadi pahlawan kemenangan Juve atas Sassuolo, dengan mencetak hattrick keduanya musim ini. Dengan torehan golnya itu, Dybala mencatat delapan gol dalam empat laga, untuk menandai penampilan ke-100 nya di Juve.

Dengan hasil ini, Bianconeri menggeser Inter Milan di peringkat pertama klasemen Serie A dengan raihan 12 poin. Bianconeri mencatat poin yang sama dengan Inter Milan namun unggul selisih gol. Sebelumnya, Nerazzurri meraih tiga angka dari kemenangan 2-0 atas Crotone pada Sabtu (16/9) malam WIB.

Juve yang tampil mendominasi sejak awal laga, berhasil membuka keunggulan lebih dulu di menit ke-16. Berawal dari pergerakkan Mario Mandzukic dari sisi kiri, Mandzukic kemudian mengirim umpan kepada Paulo Dybala.

Striker asal Argentina itu mampu meneruskan umpan dengan baik, setelah tendangan bola dengan kaki kirinya merobek jala Sassuolo yang tak mampu dihalau kiper Andrea Consigli. Skor 1-0 bertahan untuk keunggulan Nyonya Tua hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Bianconeri masih menguasai bola dan melakukan tekanan terhadap pertahanan tim tuan rumah. Tak butuh waktu lama bagi Juve untuk menggandakan keunggulan. Di menit ke-49, Dybala berhasil mencetak gol keduanya untuk Nyonya Tua setelah meneruskan umpan dari Juan Cuadrado. Juve unggul 2-0 atas Sassuolo.

Sassuolo mulai mengancam pertahanan tim tamu. Berselang dua menit, Sassuolo memperkecil kedudukan. Berawal saat Claud Adjapong mendapat sebuah umpan silang dan mampu mengelabui Buffon. Adjapong lantas mengirim bola kepada Matteo Politano, yang dengan mudah melesakkan bola ke gawang yang tanpa penjagaan Buffon. Skor berubah menjadi 1-2.

Sassuolo tampak semakin percaya diri, setelah mampu memperkecil defisit gol. Namun begitu, Juve justru semakin unggul. Aksi impresif Dybala belum terhenti. Sang penyerang mencetak hattrick di menit ke-63 bagi Juve.

Mendapat tendangan bebas setelah ia dilanggar di dekat penalti 18 yard, Dybala melepaskan bola dengan tendangan kaki kirinya yang mengarah ke pojok gawang, yang tak mampu diselamatkan oleh Consigli. Juve unggul 3-1 atas Sassuolo.

Sassuolo beberapa kali mengancam pertahanan Nyonya Tua. Namun, upaya mereka masih gagal untuk menembus gawang tim tamu.

Pergantian pertama pemain dilakukan Juve, dengan mengganti Stephan Lichtsteiner dengan Andrea Barzagli. Juve juga mengganti Gonzalo Higuain dengan Douglas Costa di pertengahan babak kedua ini.

Beberapa peluang diciptakan oleh Bianconeri. Namun, upaya mereka masih bisa dihalau pertahanan Sassuolo. Dybala kemudian ditarik keluar digantikan oleh Federico Bernardeschi.

Namun, hingga wasit memberikan waktu tambahan, tak kunjung ada gol tercipta. Hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya laga, Juve menang dengan skor meyakinkan 3-1 atas Sassuolo.

Bianconeri tidak terkalahkan sejak awal musim Serie A 2017-2018. Sebelumnya, Juve telah memetik kemenangan dari Cagliari, Genoa, dan Chievo. Meski menuai kekalahan telak 0-3 dari Barcelona di laga pembuka grup Liga Champions, pada Rabu (13/9) lalu, namun Juve mampu bangkit dan kembali unjuk gigi. Sementara itu, Sassuolo masih berada di urutan terbawah klasemen setelah tanpa kemenangan dari empat laga Serie A mereka.

Berikut susunan pemain masing-masing tim:

Juventus (4-2-3-1): Buffon; Lichtsteiner, Rugani, Chiellini, Alex Sandro; Pjanic, Matuidi; Cuadrado, Dybala, Mandzukic; Higuain.

Sassuolo (3-5-2): Consigli; Letschert, Cannavaro, Acerbi; Lirola, Sensi, Magnanelli, Mazzitelli, Adjapong; Falcinelli, Politano.

Editor: Dardani