Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tercium Aroma Messi Bakal Tinggalkan Barcelona
Oleh : Redaksi
Kamis | 07-09-2017 | 08:12 WIB
gestur-striker-barcelona-lionel-messi.jpg Honda-Batam
Gestur striker Barcelona Lionel Messi pada pertandingan leg ke-2 Piala Super Spanyol antara Real Madrid vs Barcelona FC di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Kamis (17/8) pagi. (Foto: Juan Medina/Reuters)

BATAMTODAY.COM, Katalan - Geliat bursa transfer musim panas Eropa tahun ini kian menggila. Klub-klub bergemilang harta seperti Paris-Saint Germain (PSG) dan Manchester City dengan mudah bisa mendatangkan pemain terhebat abad ini, seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

 

PSG dan Manchester City melakukan terobosan yang sangat fantastis. Klub Ibu Kota Prancis itu baru saja mendatangkan Neymar dari Barcelona dengan mahar 222 juta euro atau setara dengan Rp 3,5 triliun. Padahal Neymar baru saja melakukan perpanjangan kontrak bersama Barca hingga Juni 2021.

Tak puas sampai disitu, PSG juga merekrut bintang muda Prancis Kylian Mbappe dari AS Moncao dengan status pinjaman. Namun, PSG wajib menyerahkan Rp 2,6 trliun kepada AS Monaco di akhir musim 2017/2018.

Dengan harga pasaran yang tak masuk akal sehat, bukan tidak mungkin Lionel Messi bisa saja meninggalkan Camp Nou dan memilih untuk bergabung dengan tim lain pada bursa transfer mendatang. Nilai jual La Pulga saat ini sekitar 300 juta euro atau Rp 4,7 trliun.

Pihak Barca pun dilaporkan sudah tidak takut untuk kehilangan Messi bila ada klub yang berani menebus klausul jual pemain timnas Argentina.

"Barcelona tidak akan memaksa pemain (Messi) untuk bertahan jika sang pemain berniat untuk hengkang. Apabila pemain ingin pergi, kita harus duduk bersama dan berbicara untuk melihat keadaan di sekitar terlebih dahulu," ucap Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu dikutip Mirror, Rabu (6/9).

Keinginan Messi untuk angkat koper dari kesebelasan yang telah membesarkan namanya didasari oleh serangkain kejadian di musim panas 2017, dan bukan karena bujuk rayu uang dan juga harta mewah. Hal tersebut mengacu pada molornya tandatangan perpanjangan kontrak Messi dengan pihak klub. Messi menunda karena tidak terkesan dengan aksi Barca di bursa transfer kemarin.

Dikutip Diario Gol, Rabu (6/9) penjualan Neymar ke PSG dan kegagaln Barca merekrut Angel Di Maria dan Philippe Coutinho membuat 'Sang Dewa' kecewa. Messi diduga meminta jaminan dari petinggi Barcelona jika kejadian di bursa transfer musim panas 2017 tidak terulang lagi di masa yang akan datang, sebelum meneken perpanjangan kontrak.

Barcelona memang berhasil mendapatkan pengganti Neymar yakni Ousmane Dembele yang dibeli senilai 96,8 juta poundsterling dari Borussia Dortmund. Tetapi, Messi tak terlalu senang dengan pembelian Dembele.

Tentu kabar tersebut menjadi angin segar bagi klub-klub yang menginginkan peraih lima gelar Ballon d''Or. Sejauh ini, tiga klub besar seperti Manchester City, PSG, Chelsea siap bersaing untuk mendapatkan pesepak bola 30 tahun itu.

The Citizens kabarnya sudah siap memberikan gaji tinggi kepada Messi jika sang pemain bersedia berseragam Biru Langit. Manajemen Manchester City bersedia membayar Messi sebesar 100 juta poundsterling per tahun.

Manchester City bahkan sudah siap memberikan upah tinggi kepada pria berusia 30 tahun tersebut. Manajemen Manchester Biru bersedia membayar Messi sebesar 100 juta pound (Rp 1,6 triliun) per tahun. Itu artinya, Messi dibayar sebesar 500 ribu pound (Rp 8,3 miliar) per pekan.

Messi sudah memperkuat klub berjulukan Los Blaugrana itu sejak 2004. Hingga saat ini, dia sudah membukukan 510 gol dari 587 pertandingan. Dia merupakan pencetak gol terbanyak Barca sepanjang masa. Bersama Andres Iniesta, Messi merupakan penyumbang gelar terbanyak untuk Los Blaugrana. Keduanya sudah meraih 30 gelar bersama Barcelona.

Sumber: Republika
Editor: Dardani