Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hadapi Myanmar, Timnas Indonesia U-19 Waspadai Kecapatan Lawan
Oleh : Redaksi
Selasa | 05-09-2017 | 12:50 WIB
timnas-U19-1.gif Honda-Batam
Timnas U-19 menjalani latihan jelang laga melawan Myanmar. (Foto: ANTARA)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 akan melakoni laga perdana penyisihan grup B turnamen sepak bola Piala AFF U-18 melawan Myanmar di Stadion Thuwunna, Yangon, malam ini, (5/9/2017).

Pelatih Indra Sjafri sudah menyiapkan untuk menaklukkan Myanmar. Bekas pelatih Bali United itu mengatakan sudah menganalisis pola permainan lawan melalui rekaman pertandingan.

Menurut Indra, yang harus diwaspadai dari tim Myanmar adalah kecepatan mereka, termasuk saat melakukan serangan balik.

Guna meredam hal itu, Indra telah menyiapkan tiga formasi berbeda yang akan diterapkan pada Egy Maulana dan kawan-kawan. Ketiga formasi itu adalah 4-3-3, 4-1-3-1-1, dan 4-4-2.

Ketika masih membesut timnas U-19 pada 2011, Indra sering menerapkan formasi 4-3-3 kepada Evan Dimas dan kawan-kawan. Formasi itu terbukti manjur. Indonesia kala itu akhirnya mampu tampil sebagai juara.

Lantas, formasi mana yang akan menjadi prioritas saat menghadapi Myanmar? Indra menilai formasi 4-1-3-1-1 yang paling cocok. Sebab, dengan formasi itu, kata dia, kecepatan lawan diharapkan dapat diredam. "Kami beri nama formasi Sang Garuda karena bentuknya mirip burung garuda."

Selain menghadapi Myanmar, Timnas Indonesia U-19 yang bergabung di Grup B akan bersaing dengan Vietnam, Filipina, dan Brunei Darussalam. Dua tim teratas dari grup ini akan lolos ke babak semifinal.

Sumber: Tempo.co
Editor: Yudha