Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lulus Program Vokasi IPB, Ratusan Calon Mahasiswa Lakukan Registrasi Ulang
Oleh : Nurjali
Rabu | 30-08-2017 | 13:14 WIB
registrasi-ulang1.gif Honda-Batam
Calom mahasiswa IPB di Lingga melakukan registrasi ulang. (Foto: Nurjali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Calon mahasiswa program diploma satu Institut Pertanian Bogor (IPB) atau program vokasi IPB berkerjasama dengan Kabupaten Lingga telah melakukan registrasi ulang sejak Selasa (29/8/2017).

Wati, salah satu calon mahasiswa mengatakan saat ini ada sekitar seratus lebih mahasiwa yang diterima dan melakukan registrasi. Mereka mulai perkuliahan setelah dilaksanakan penerimaan mahasiswa baru secara resmi.

"Nanti akan ada penerimaan mahasiswa baru, yang rencananya di gelar di gedung nasional setelah mendapat almamater," sebutnya.

Kampus jauh IPB ini merupakan salah satu wujud dari program Bupati lingga, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Lingga salah satunya adalah di bidang pertanian.

Sejauh ini baru ada dua Kabupaten di Indonesia yang menjalin kerjasama dengan IPB untuk kampus jauh itu yakni Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan dan Kabupaten Cianjur Jawa Barat.

Mahasiswa IPB ini akan menjalankan kuliah secara reguler di bekas gedung kantor UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Singkep, Lapangan Merdeka Dabosingkep.

Kantor yang sudah di rehab ringan tersebut nantinya akan menangani dua lokal untuk kurang lebih seratus lebih mahasiswa. Antusias anak-anak muda yang mendaftar di program vokasi IPB ini cukup ramai, sektiar tiga ratusan lebih pendaftar. Namun karena keterbatasan kuota yang diberikan, maka hanya seratus mahasiswa yang diterima.

Staf khusus bidang hukum dan Pemerintahan Rudi Purwonugroho mengatakan, tahapan tes seleksi dan soal seluruhnya disiapkan oleh IPB. Bahkan pengumuman nama-nama yang melakukan seleksi juga dari IPB, sehingga pemerintah kabupaten lingga tidak ada intervensi sedikitpun.

"Prosesnya murni di lakukan IPB, jadi kita tidak bisa sistim titip menitip, jadi ini murni hasil ujian dari anak-anak yang mendaftar kemarin," sebut Rudi.

Editor: Yudha